Salat Idul Adha Di Masjid Al Akbar
Salat Idul Adha Di Masjid Al Akbar

Surabaya – Pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh kegiatan ibadah dan tradisi Idul Adha 1441 Hijriah/2020 harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah melalui surat edaran Kementerian Agama Nomor 18 Tahun 2020 dan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah Covid-19.

Sesuai dengan aturan itu, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menerapkan aturan tersebut saat menggelar salat Idul Adha 1441 H, Jumat (31/7/2020). Prosesi sejak kedatangan jamaah sampai salat usai, dilaksanakan dengan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan wajib pakai masker.

Sebelumnya, jamaah yang akan melakukan salat Id di Masjid Al-Akbar harus melakukan pendaftaran secara online dan semua jamaah wajib menggunakan id-card yang telah disediakan.   

“Kapasitas masjid mencapai 40 ribu jamaah. Karena dalam penerapan protokol kesehatan yaitu physical distancing, maka kami membatasi jamaah menjadi lima ribu jamaah. Demikian juga kami sudah menyiapkan stiker untuk shaf shalat sebagai tanda,” kata Humas Masjid Nasional Al-Akbar H Helmy M Noor.

Ia menjelaskan bahwa kapasitas lima ribu jamaah itu termasuk serambi masjid bagian utara, timur dekat air mancur dan selatan hingga lantai dua. Ada empat warna id-card yang dipakai semua jamaah, seperti warna hijau untuk jamaah laki-laki di lantai satu, warna kuning untuk jamaah perempuan di lantai satu, sedangkan di lantai dua dengan warna merah untuk jamaah laki-laki. Dan jamaah perempuan warna biru di lantai dua.   

Sebanyak 200 relawan disiapkan untuk melakukan pengaturan salat. Mereka  antara lain terdiri dari remaja masjid, muslimah, pengatur shaf, guru MI dan PAUD, dosen dan mahasiswa STAI Al-Akbar. Tugas mereka mengatur, menyambut dan mengarahkan kedatangan para jamaah sesuai dengan warna id-cardnya.   

Selain salat Idul Adha, Masjid Al-Akbar juga akan menggelar penyembelihan kurban. Total kurban yang diterima 92 ekor yang terdiri dari 26 sapi dan 66 kambing.