Nasehat KH Hasyim Asy’ari untuk Pelajar agar Ilmu Bermanfaat

0
1153

Menuntut ilmu bukan sekedar untuk menumpuk pengetahuan, tetapi bagaimana ilmu bisa bermanfaat. Inilah nasehat KH hasyim Asy’ari buat para pelajar dan penuntut ilmu.


Seorang pelajar jika ingin ilmunya bermanfaat haruslah belajar sungguh-sungguh. Selain itu, mereka juga harus memiliki etika dan akhlak yang baik selama proses belajar. Karena menjadi seorang penuntut ilmu tidak bisa dengan sesuka hati dan tidak mengedepankan etika.

Hadratus Syech KH. Hasyim Asy’ari seorang ulama besar dan satu-satunya ulama dari Indonesia yang bergelar Hadratus Syech dalam kitabnya yang berjudul Adab al Alim wa al Muta’allim, memberikan nasihat bagi para pelajar dalam menuntut ilmu, di antaranya adalah :

1. Seorang pelajar harus membersihkan hatinya dari segala sesuatu yang dapat merusak seperti kekotoran hati, rasa dendam, dengki, keyakinan yang tidak baik, dan budi pekerti yang tidak baik.

2. Niat menuntut ilmu menjadi modal awal yang sangat penting dan berpengaruh dalam proses belajar. Oleh karenanya niat sedari awal harus ditata dan dalam mencari ilmu diniatkan untuk mencari keridhaan Allah SWT.

3. Masa muda merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menuntut ilmu , sebaiknya pergunakanlah kesempatan tersebut untuk bersungguh-sungguh dalam mendalami berbagai bidang ilmu, sehingga tidak menyesal dikemudian hari.

4. seorang pelajar juga harus ikhlas dan sabar dalam menjalani masa proses menuntut ilmu dan selalu bersikap maupun berpenampilan sederhana.

5. Dalam mencari ilmu terdapat waktu-waktu yang harus diperhatikan dan menjadi kekhususan agar dalam menuntut ilmu menjadi lebih fokus dan cepat menyerap pelajaran, antara lain :

– Waktu sahur digunakan untuk menghafalkan.

– Waktu pagi digunakan untuk membahas pelajaran.

– Waktu tengah hari digunakan untuk menulis.

– Waktu malam digunakan untuk muthala’ah dan mengingat pelajaran.

6. Salah satu musuh dari seorang pelajar maupun penuntut ilmu adalah perut yang kenyang. Jika perut telah kenyang, akan sangat sulit untuk fokus belajar, justru akan menyebabkan kemalasan. Oleh karenanya seorang pelajar cukupkanlah makan selagi belum terlalu kenyang.

7. Selain perut yang kenyang, salah satu tantangan pelajar adalah tidur, maka kurangilah tidur dengan memperbanyak belajar dan menghafalkan atau mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh guru.

8. Seorang pelajar hendaknyalah lebih fokus dengan pelajaran, jauhilah pergaulan yang akan menyebabkan hilangnya konsentrasi dalam belajar terutama bergaul dengan lawan jenis, karena akan menyebabkan tumpulnya akal dan pikiran.

9. Seorang pelajar harus pula menjaga nama baik diri sendiri, guru serta tempat menuntut ilmu.

Demikianlah, beberapa nasihat Hadratus Syech Hasyim Asy’ari bagi seorang yang ingin menuntut ilmu, semoga kita semua dapat mengamalkanya dan mendapatkan ilmu yang berkah dan bermanfaat.