029077100 1597502073 thumbs b c 4a4b24b7e17fd180599
029077100 1597502073 thumbs b c 4a4b24b7e17fd180599

Normalisasi Hubungan Diplomatik UEA-Israel Penghianatan Bagi Dunia Islam

ANKARA – Uni Emirat Arab (UEA) mengejutkan publik dunia dengan langkahnya menormalisasi hubungan dengan Israel. Pemimpin dunia dan kelompok ulama global juga angkat suara, mereka mengatakan langkah normalisasi hubungan UEA dengan Israel merupakan “penghianatan tingkat tinggi” terhadap dunia Islam.

Dikutip dari laman republika.co.id, Dalam sebuah pernyataan, Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS) mendesak dunia Muslim untuk mengambil “posisi tegas terhadap konsesi semacam itu dan mengerahkan upaya untuk melindungi hak penuh rakyat Palestina”.

Kelompok itu juga menolak klaim UEA bahwa kesepakatan itu akan menghentikan pencaplokan Israel terhadap wilayah Palestina, mengutip pernyataan perdana menteri Israel bahwa rencana pencaplokan wilayah Tepi Barat tetap akan dilaksanakan pada masa yang akan datang.

Kesepakatan untuk menormalkan hubungan UEA-Israel diumumkan oleh Presiden AS Donald Trump pada Kamis, dalam sebuah langkah yang mencegah rencana kontroversial Israel untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat yang diduduki.

Perkembangan tersebut menandai ketiga kalinya sebuah negara Arab telah membuka hubungan diplomatik penuh dengan Israel, juga menjadikan UEA negara Teluk Arab pertama yang melakukannya. Negara Arab lainnya yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel adalah Mesir dan Yordania.

Kelompok-kelompok Palestina mengecam perjanjian baru itu, dengan mengatakan itu tidak melakukan apa pun untuk melayani kepentingan Palestina dan mengabaikan hak-hak rakyat Palestina.  Kesepakatan perdamaian UEA dengan Israel adalah “tikaman berbahaya di belakang rakyat Palestina,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Tahun Baru 1 Muharram, Israel Ratakan Tanah Dekat Masjid Ibrahim Hebron

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

jemaah khilafatul muslimin deklarasikan setiap pada pancasila dan nkri

Nyatakan Setia Pada Pancasila dan NKRI, 53 Anggota Khilafatul Muslimin di Jatim Deklarasi Dihadapan Kapolda, NU dan Muhammadiyah

Surabaya – Pasca penangkapan pemimpin Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja di Lampung, beberapa ketua …

menpan rb tjahjo kumolo di kota magelang kamis

Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Tjahjo Kumolo Berpulang Kerahmatullah

Jakarta – Innalillahi Wainnailahirojiun, telah berpulang kerahmatullah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) …