Daftar Harga Di Pasar Muamalah
Daftar Harga Di Pasar Muamalah

Pendiri Pasar Muamalah di Depok Diciduk Bareskrim

Jakarta – Pendiri pasar Muamalah di Depok, Zaim Saidi ditangkap Bareskrim Polri, Selasa (2/2/2021) malam. Pasar Muamalah yang digelar di wilayah Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, sebelumnya viral di media sosial karena melayani jual-beli menggunakan uang asing dinar dan dirham, bukan rupiah.

“Benar (Zaim Saidi ditangkap). Ia sudah berstatus tersangka,” kata Karopenmas Polri Brigjen Rusdi Hartono melalui pesan singkat, Rabu (3/2).

Kendati demikian, Rusdi masih belum bisa mengungkapkan lebih jauh lagi masalah itu. Menurutnya, perkembangan kasusnya akan disampaikan kemudian.

Keberadaan Pasar Muamalah di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Depok, tersebut ramai diperbincangkan warganet di media sosial beberapa waktu belakangan. Pasalnya, transaksi jual beli di pasar tersebut menggunakan dinar dan dirham, alih-alih mata uang sah di Republik Indonesia, yakni Rupiah. Dinar dan dirham sendiri merupakan dua mata uang yang digunakan di sejumlah negara di jazirah Arab.

Mengacu hukum yang berlaku di Indonesia, jual beli menggunakan mata uang selain rupiah jelas melanggar hukum yaitu Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang melarang adanya transaksi menggunakan mata uang selain rupiah di Indonesia.  Bab X Pasal 33 poin 1a UU tersebut menuliskan bahwa setiap orang yang tidak menggunakan rupiah dalam bertransaksi yang mempunyai tujuan pembayaran dapat dikenakan pidana.

Pidana tersebut antara lain berupa kurungan penjara maksimal satu tahun dan denda paling banyak Rp 200 juta. Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) juga telah mengatur tentang kewajiban bertransaksi menggunakan rupiah melalui Peraturan BI No. 17/3/PBI/2015. Peraturan ini mulai berlaku sejak 1 Juli 2015.

Hanya ada beberapa transaksi yang dikecualikan dari wajib rupiah, yakni: transaksi-transaksi dalam pelaksanaan APBN, perdagangan internasional, pembiayaan internasional yang dilakukan oleh para pihak yang salah satunya berkedudukan di luar negeri, kegiatan usaha bank dalam valuta asing yang dilakukan sesuai undang-undang yang mengatur mengenai perbankan dan perbankan syariah.

Baca Juga:  Ini Kata PP Muhammadiyah, Transaksi Pakai Dinar di Pasar Muamalah

Kemudian transaksi surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dalam valuta asing di pasar perdana dan pasar sekunder yang sudah diatur dengan undang-undang, transaksi lainnya dalam valuta asing yang dilakukan berdasarkan undang-undang.

Sementara, Lurah Tanah Baru, Kota Depok Zakky Fauzan mengatakan bahwa aktivitas pasar tersebut sedang dalam pendalaman oleh aparat kepolisian.

Dia menyebut Pasar Muamalah beroperasi setiap Minggu per dua pekan sekali di Jalan Raya Tanah Baru, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok. Pasar Muamalah dibuka di sebuah ruko milik seorang warga bernama Zaim (60) dan beroperasi mulai pukul 7.00-11.00 WIB.

Menurutnya, setiap transaksi di pasar tersebut menggunakan koin dinar dan dirham. Pasar tersebut menjual sejumlah barang seperti sendal nabi, parfum, makanan ringan, madu, hingga pakaian.

“Yang saya ketahui untuk proses pembayaran pada transaksi jual beli di Pasar Muamalah dengan menggunakan koin dinar dan dirham,” kata Zakky.

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About redaksi

Avatar