Pengungsi Afghanistan tiba di Amerika
Pengungsi Afghanistan tiba di Amerika

Pengungsi Afghanistan Tiba Hanya Kenakan Pakaian di Badan, Masjid di AS Kumpulkan Donasi

Masjid di AS Kumpulkan Donasi | Baltimore – Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) di Maryland, Amerika Serikat (AS) langsung bergerak mengumpulkan donasi menyambut datangnya ribuan pengungsi dari Afghanistan di Negeri Paman Sam. CAIR bermitra dengan masjid-masjid lokal untuk mengumpulkan sumbangan.

Langkah itu dilakukan setelah ribuan pengungsi Afghanistan tiba di AS. Ironisnya, mereka hanya berbekal pakaian di badan yang dikenakan.

Sebagai saudara sesama Muslim, Muslim AS pun tergerak melalui CAIR. Salah satu masjid yang bermitra dengan CAIR adalah Masjid Dar Al-Taqwa di Ellicott City.

Mereka meminta donasi dalam bentuk apa saja untuk membantu para pengungsi memulai kembali kehidupan mereka di Amerika. Sumbangan bisa dalam bentuk sabun batangan, garam dan merica, perlengkapan sekolah dan popok bayi.

“Semua yang Anda butuhkan untuk beraktivitas setiap hari adalah barang-barang yang akan dibutuhkan keluarga ini,” kata Direktur CAIR Maryland, Zainab Chaudry, dilansir di CBS Baltimore, Selasa (24/8/2021).

Bagi mereka yang berhasil sampai di Amerika, CAIR meminta sumbangan untuk membantu mereka membangun kembali kehidupan. CAIR adalah organisasi advokasi dan kebebasan sipil Muslim terbesar di Amerika.

“Tujuan kami adalah mengumpulkan barang sebanyak mungkin,” kata Chaudry.

Inisiatif mengumpulkan donasi bagi pengungsi Afghanistan tersebut rupanya mendapat sambutan baik. “Responsnya luar biasa dan ini bukan hanya dari komunitas Muslim, namun ini adalah komunitas pada umumnya,” kata Direktur Eksekutif Masjid Dar Al-Taqwa Hassan El-Kharbibi.

Dar Al-Taqwa akan menerima sumbangan hingga September mendatang. Ia mengatakan senang membantu para pengungsi tersebut.

“Ini adalah manusia yang sedang mengalami masa yang sangat sulit, kami perlu membantu dan kami senang membantu dan saya berharap ini akan cukup bagi mereka,” kata El-Kharbibi.

Baca Juga:  Membelot dan Jadi Pelatih Militer Taliban, Tentara AS Ini Akhirnya Mualaf

Azim Salehi, jamaah Bagi masjid Dar-Al-Taqwa, rasa sakit yang dialami para pengungsi Afghanistan bersifat pribadi. Pasalnya, kakak iparnya bekerja untuk orang Amerika. Karena itu, ia sangat khawatir penguasa Afghanistan berikutnya akan mengejarnya.

Dia mencoba membantu keluarganya sendiri keluar dari Kabul dan membawa mereka ke Maryland, termasuk keponakannya yang berusia 14 tahun.

“Kami telah mendengar dari banyak orang Taliban datang dan mereka membawa gadis-gadis muda pergi untuk menikahkan mereka dengan anggota Taliban dan itu adalah hal yang mengerikan untuk didengar,” kata Salehi kepada WJZ.

Donasi bagi para pengungsi Afghanistan tersebut dapat diberikan melalui beberapa tempat berikut ini, di antaranya Dar Al Taqwa di Ellicot City, Kantor CAIR Maryland di Baltimore, Muslim Family Center di Columbia, dan Islamic Society of Baltimore.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …