Dorce Gamalama
Dorce Gamalama

Polemik Wasiat Dorce, Muhammadiyah: Boleh Dimakamkan Sebagai Perempuan

Jakarta – Artis transgender senior Dorce Gamalama beberapa waktu lalu dikabarkan jatuh sakit yang serius. Bahkan Dorce pun telah meninggalkan wasiat kepada keluarganya agar kalau ia wafat dimakamkan secara perempuan.

Wasiat itu langsung menimbulkan polemik. Banyak ulama yang menilai wasiat Dorce itu tidak boleh dilaksanakan. Pasalnya, ia kelak kalau ia meninggal dunia harus dimakamkan sesuai dengan jenis kelamin saat lahir.

Di tengah kontroversi itu, Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dr Hamim Ilyas MAg menilai Dorce Gamalama boleh dimakamkan sebagai seorang perempuan.

“Boleh,” kata Ustadz Hamim Ilyas dikutip dari Sindonews, Senin (31/1/2022).

“Mbak Dorce sudah operasi kelamin dan oleh hukum telah ditetapkan sebagai orang berjenis kelamin perempuan,” sambung Hamim Ilyas.

Oleh karena itu, kata Ustadz Hamim Ilyas, status jenis kelamin Dorce Gamalama sudah jelas perempuan. “Beliau (Dorce, red) memiliki hak dan kewajiban sebagai perempuan, termasuk hak atas doa dan pemakamannya,” ungkapnya

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dorce Gamalama angkat bicara terkait tanggapan para alim ulama yang menyebut dirinya tidak bisa dimakamkan sebagai perempuan. Hal tersebut terungkap dalam sebuah video yang berbedar di media sosial.

Dari video yang diunggah akun Instagram @rumpi_gosip, Dorce Gamalama secara tegas mengatakan bahwa wasiat yang telah disampaikan kepada anak-anaknya itu akan menjadi urusannya dan keluarga, bukan masyarakat.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  BNPT Nilai Kelompok JI Ubah Strategi Dengan Lebih Inklusif dan Berkamuflase Dalam Masyarakat

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …