Akun Instagram Gus Mus
Akun Instagram Gus Mus

PPKM Darurat, Gus Mus Salurkan Hobi Memasak Makanan Zaman Firaun

Jakarta – Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Level 4 sampai tanggal 2 Agustus mendatang. Keputusan itu membuat banyak orang kembali harus ‘mendekam’ di rumah saja di tengah pembatasan di segala bidang.

Kondisi itu juga dialami KH. Ahmad Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus. Di tengah PPKM Darurat ini, Gus Mus memiliki waktu lebih banyak di rumah. Untuk itu, untuk mengusir kebosanan, Gus Mus mencoba menyalurkan hobinya memasak ful medames, makanan tradisional Mesir.

“Biasa keluyuran, harus terkurung di rumah saja, pastilah berat. Aku berusaha menjalankan hobi-hobiku yang bisa kulakukan di rumah, seperti membaca; menulis; melukis; menyulam; memasak; dsb. Kali ini ‘kupamerkan’ dulu kepada kalian bagaimana aku melakukan hobiku memasak,” tulis Gus Mus dalam unggahan di akun Instagram-nya @s.Kakung, Selasa (27/7/2021).

Ful madames merupakan makanan yang ditemukan sejak dinasti ke-12 pada zaman Raja Firaun. Ful madames biasanya disajikan untuk makan pagi. Dalam perjalanannya, masakan khas Mesir ini memiliki banyak variasi dan cara pembuatan.

Di atas meja, Gus Mus pun telah menata beberapa bahan seperti medames kalengan, bawang merah, tomat, bawang putih, cabai hijau, garam, merica, jinten, bawang bombai, dan telur.

“Assalamu’alaikum, pagi ini untuk sarapan saya akan membuat masakan ful medames tapi yang mualaf. Mualaf itu yang ada di kaleng. Kalau yang aslinya sulit sekali,” kata Gus Mus.

Ia mengatakan, untuk membuat ful medames, langkah pertama adalah menumis semua bumbu tersebut menggunakan ziddah (seperti mayonaise ala Mesir).

Setelah ditumis, langkah selanjutnya memasukkan memames kalengan. Umumnya, ful madames disajikan dengan minyak zaitun dan roti khas Timur Tengah yang berbentuk bundar.

Tidak berapa lama, Gus Mus pun selesai menyajikan makanan yang sudah ada sejak era Firaun tersebut. Tampilannya seperti bubur dan menggugah selera.

Baca Juga:  Ulama Hadits Dunia Gelar Seminar di Jember Bahas Penanggulangan Radikalisme

“Ini untuk meningkatkan imunitas kita. Mudah-mudahan semuanya sehat,” ungkapnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

umat muslim bersiap melakukan sholat berjamaah dengan menerapkan protokol

Fenomena Mana Dalilnya & Pentingnya Belajar Alquran Secara Baik

JAKARTA – Al-Quran bukan hanya sekedar kitab suci yang bertuliskan perintah dan larangan, namun juga …

Dana dikorupsi berjamaah pembangunan Masjid Raya Palembang mangkrak

Dana Pembangunan Masjid Sriwijaya Dikorupsi Berjamaah, MUI: Di Luar Batas Moral dan Religiusitas

Jakarta – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel) baru saja menetapkan tiga tersangka baru korupsi …