Dalam beberapa tahun ini kita dihadapkan dengan istilah yang sebenarnya lama didengar tetapi mendadak dijadikan identitas kelompok Islam kaffah mendadak menjadi tawaran identitas yang kadang bisa menghukumi umat Islam yang lain dengan sebutan tidak kaffah Sejatinya penggunaan istilah tersebut untuk menghukumi sesama Islam jelas sangat berbahaya Islam kaffah sebenarnya lebih kepada metode dan cara bagaimana umat Islam menyelami dan mempraktekkan ajaran Islam Bukan sebagai sebuah identitas yang dapat memisahkan antara sesama umat Islam Bukan pula Islam kaffah dipraktekkan hanya sekedar fisik berpakaian semata Berislam secara kaffah butuh praktek bukan slogan apalagi propaganda yang dapat membedakan dan memecah belah umat Berislam secara kaffah lebih pada cara bagaimana umat Islam mempraktekkan dalam kehidupan sehari hari secara menyeluruh dan tidak parsial Lalu Bagaimana berislam secara kaffah dalam tindakan Penelusuran Kaffah dalam Qur anDalam surah Al Baqarah ayat 208 Allah Swt berfirman Artinya Wahai orang orang yang beriman masuklah ke dalam Islam secara menyeluruh dan janganlah engkau mengikuti langkah langkah setan karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kalian Dan dalam Surah Alhijr ayat 39 40 Allah berfirman Artinya Iblis berkata Ya Tuhanku oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik perbuatan ma siat di muka bumi dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya kecuali hamba hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka Pada ayat pertama di atas Allah mengajak orang orang yang beriman agar masuk ke dalam Islam secara kaffah atau menyeluruh dan tidak parsial Kaffah berarti menunaikan segala apa yang telah diwajibkan kepada dirinya dan terhadap sesamanya makhluk serta terhadap alam semesta Dan selanjutnya pada ayat berikutnya Allah melarang keras agar mereka yang beriman tidak mengikuti jejak langkah setan karena setan telah berjanji akan menyesatkan semua manusia di muka bumi kecuali mereka yang ikhlas Baca juga Umat Islam harus mengembalikan Islam seperti awalMenurut Syech Sya rawi Kata Assilmi dalam ayat tersebut di atas bisa berarti Islam bisa juga berarti damai Tapi dimaknai apapun Islam adalah perdamaian bukan peperangan Islam diturunkan untuk membahagiakan manusia dan semua yang ada di sekitarnya baik terhadap sesamanya maupun terhadap alam di sekitarnya dan kebahagian tersebut hanya akan dicapai melalui perdamaian antara sesama makhluk Sementara kata fii dalam ayat itu berfungsi sebagai dharf atau keterangan Dharf membutuhkan madhruf atau yang diterangkan Jika ada dharf maka ada madhruf jika ada keterangan maka harus ada yang diterangkan Yang diterangkan dan keterangan selalu menyatu dan saling terkait misalnya ketika kita mengikat diri dalam satu ikatan maka seluruh ketentuan yang ada di dalamnya harus dipatuhi Sementara kata Kaffah dalam ayat di atas berarti semuanya atau keseluruhan Kaffah berasal dari kata Kaaf yang artinya cukup atau terhenti di situ saja tidak berlebihan lihat mu jam almaani Masuk ke dalam Islam secara kaffah berarti konsisten terhadap semua apa yang telah digariskan oleh agama itu sendiri tanpa harus mengabaikan yang lainnya karena ia adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan Jika salah satu di antaranya diabaikan maka tujuan agama tidak akan tercapai yaitu kebahagian dunia dan akhirat dan sebaliknya yang akan terjadi adalah kekacauan dan kecelakaan Seseorang misalnya menikahi seorang perempuan kemudian dalam perjalanan hidupnya muncul kekacauan dalam rumah tangganya hingga harus bercerai maka yang pertama yang harus diperhatikan adalah menanyakan kepada dirinya apakah ketika ia menikahi perempuan itu sudah mengikuti aturan yang telah digariskan oleh agama dalam memilih calon istri Jika tidak maka ia tidak boleh menyalahkan pernikahannya karena dia sendiri yang membuatnya demikian Dia telah mengabaikan aturan yang telah ditetapkan dalam agama untuk memilih calon istri dan hanya menjalankan syarat syaratnya saja seperti aqad sadoqah dan saksi artinya orang ini hanya menjalankan sebagian dan mengabaikan sebagian yang lain Akan tetapi jika iya tentu tidak akan terjadi pertempuran dalam rumah tangganya karena kedunya saling menyadari hak dan kewajiban masing masing Istri tidak akan semena mena terhadap suaminya karena mengerti dan memahami aturan yang telah ditetapkan syariat dan sebaliknya suami tidak akan semena mena terhadap istrinya karena mengerti dan memahami batas batasnya dalam menghadapi istrinya Begitu juga ketika ketataan hanya kepada ulil amri saja maka kehidupan tidak akan damai karena Allah telah menekankan bahwa kepatuhan harus dimulai dari kepatuhan terhadap Allah kemudian kepada rasulnya dan selanjutnya kepada ulil amri Seorang mukmin tidak boleh hanya taat kepada Allah dan rasulnya tetapi tidak taat kepada ulil umri karena yang demikian itu akan menciptakan ketidaknyamanan dalam kehidupan masyarakat Perintah taat kepada Allah dan Rasulnya disusul dengan ketaatan kepada ulil amri selama ulil amri tidak memerintahkan kepada kemaksiatan Penyerahan Totalitas Kepada TuhanIslam dibangun di atas lima pilar Kelima pilar tersebut menjadi kewajiban terhadap setiap muslim tidak boleh melaksanakan sebagian dan meninggalkan sebagian akan tetapi harus secara utuh Ketika bulan ramadhan tiba maka berpuasa wajib bagi setiap orang kecuali yang uzur dan ketika kewajiban zakat mal mencukupi nisabnya maka harus membayarnya dan ketika sudah mampu menunaikan ibadah haji maka wajib menunaikannya Jadi bukan sholat saja tetapi tidak berpuasa pada bulan ramadhan atau sebaliknya berpuasa pada bulan Ramadhan tetapi tidak menunaikan sholat lima waktu Semua harus dilaksanakan dan dijalankan sesuai waktu waktunya karena Allah tidak memberikan beban taklif kepada hambanya kecuali mampu menjalankannya Beban taklif yang diberikan Allah kepada hambanya merupakan pemisah antara yang mukmin dan yang tidak mukmin dan taklif itu semata mata untuk kebahagian manusia itu sendiri Allah hanya akan menilainya siapapun diantara hambanya yang konsisten terhadap taklif yang telah diwajibkan kepadanya Salah satu beban taklif yang diberikan kepada manusia adalah bagaimana mewujudkan kedamaian di antara sesama makhluk tidak boleh menguasai siapapun karena pada intinya semuanya adalah makhluk tuhan dalam artian bahwa ketaatan dan kepatuhan hanya kepada aturan yang telah ditetapkan oleh Allah Swt Taklif ini ditunjukkan setiap kali kita menunaikan sholat dimana kita menegaskan Kepadamulah aku menyembah artinya tiada yang lain yang aku sembah kecuali Engkau ya Allah Sebagai wujud konsistensi kita terhadap Allah kita memohon agar selalu menunjukkan kepada kita jalan yang lurus tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus Di sini kita berdoa bukan saja kepada diri sendiri tetapi juga kepada orang lain agar semuanya mendapat petunjuk sehingga antara satu dengan yang lain tidak saling mencelakakan Ketika satu orang saja yang mendapat petunjuk dan yang lain tidak maka yang dapat petunjuk bisa saja celaka atas perbuatan mereka yang tidak mendapat petunjuk Karena itu kita dituntut untuk mendoakan yang lain agar juga mendapat petunjuk sehingga kehidupan ini berjalan aman dan damai dan tidak saling mencelakakan Manusia tidak boleh melawan alam akan tetapi harus menyesuaikan diri dengannya dan mengelolanya dengan baik Manusia tidak boleh melawan zaman tetapi harus selalu menyesuaikan diri dengan zaman dan perkembangan karena jika seorang mukmin tidak kosisten dalam hal ini maka sudah tentu akan timbul kekacauan dan kerusakan Kehidupan harus damai karena Islam diturunkan untuk mengakhiri peperangan Supaya tidak ada peperangan manusia tidak boleh mengikuti jalan setan karena setan selalu mengajak ke jalan yang tidak benar Misalnya jika seseorang diperbudak oleh harta dan kekuasan maka setan tidak cukup mempengaruhi di harta dan kekuasaan saja tetapi ia akan berusaha menjebloskan manusia itu agar juga diperbudak dengan wanita dan seterusnya hingga orang itu menjadi hamba setan Di sinilah biasanya muncul kekacauan dalam kehidupan karena manusia sudah menjauhi semua tuntutan agama Oleh karena itu ayat tersebut di atas diikuti dengan larangan mengikuti langkah setan agar orang orang yang beriman tidak melakukan kemaksiatan dan menjadi mukmin yang melaksanakan Islam secara kaffah Bebas dari godaan setan membutuhkan metoda yang efektif sebagaimana seorang bayi yang harus diimunisasi dari awal agar terhindari dari berbagai penyakit Allah telah memberikan imunisasi kepada kita agar kita terhindar dari gangguan setan dengan menceritakan bagaimana proses Nabi Adam dan Hawa terbelenggu dari setan pada saat mereka berdua di surga sehingga mereka harus meninggalkan surga menuju bumi Apapun yang dilarang oleh Allah harus ditinggalkan dan tidak bisa secara parsial saja dengan meninggalkan sebahagian larangan dan mengerjakan sebahagian larangan Allah karena yang demikian itu tetap akan membuka jalan bagi setan untuk menggoda setiap orang sehingga pelaksanaan Islam kaffah belum sepenuhnya terwujud dalam diri setiap orang Berislam secara kaffah berarti menyerahkan segalanya kepada Allah bahwa dialah yang maha kuasa atas segalanya dan hanya kepada dialah kita meminta pertolongan dan petunjuk karena hanya dialah yang satu satunya pencipta dan menentukan nasib kita berdamai kepada semua manusia karena mereka dilahirkan dalam keadaan merdeka kita tidak punya hak untuk menguasai mereka dan memperkosa hak haknya karena Allah menciptakannya merdeka konsisten tidak menciptakan fitnah antara sesama manusia sehingga tercipta kedamaian hidup karena Islam diturunkan hanya untuk mengakhiri peperangan berdamai terhadap alam dan lingkungan dan mengelolanya dengan baik sesuai tuntutan agama siap beradaptasi dengan zaman dan perkembangan dan selalu fleksibel karena Islam tidak diikat dengan zaman dan tempat Wallahu aalamDisadur dari https www masrawy com news

Tinggalkan Balasan