Qari Asim
Qari Asim

Provokasi Protes Film Tentang Putri Nabi Muhammad, Ulama Inggris Dipecat dari Penasihat Pemerintah

London – Pemerintah Inggris memecat seorang ulama Muslim bernama Qari Asim dari jabatannya sebagai penasihat resmi pemerintah terkait islamofobia, Sabtu (12/6/2022). Inggris menuding ulama tersebut telah mengobarkan protes terhadap film baru tentang putri Nabi Muhammad SAW, Fatimah.

Judul film yang dimaksud itu ialah The Lady of Heaven, yang membuat kelompok Muslim melakukan aksi protes pekan ini. Protes tersebut memaksa rantai bioskop terbesar kedua di dunia, Cineworld, untuk membatalkan semua pemutaran film.

Dilansir The New Arab, Minggu (12/6/2022), Qari Asim merupakan seorang imam dan pengacara di kota Leeds, Inggris utara. Dia mengunggah komentar di Facebook bahwa film tersebut telah menyebabkan banyak rasa sakit dan luka bagi umat Islam.

Asim menekankan kelompoknya sendiri tidak ambil bagian dalam aksi protes, dan menyatakan dukungan untuk kebebasan berbicara. Meski begitu, dia mempublikasikan rincian satu protes di Leeds yang akan datang pada malam itu.

Dalam sepucuk surat kepada Asim, pemerintah mengatakan unggahan Facebook itu tidak sesuai dengan statusnya sebagai wakil ketua kelompok kerja resmi tentang kebencian anti-Muslim. Pemerintah Inggris mengatakan kampanye menentang film ini telah menyebabkan protes jalanan yang telah memicu kebencian agama. Pemerintah Inggris juga menuduh kampanye tersebut telah menghasut kebencian anti-Syiah oleh Sunni.

“Keterlibatan yang jelas dalam kampanye untuk membatasi kebebasan berekspresi ini tidak sesuai dengan peran penasihat pemerintah,” demikian pernyataan pemerintah Inggris.

Tidak ada komentar langsung dari Asim, yang juga menjabat sebagai penasihat independen pemerintah tentang Islamofobia yang berujung pada pemecatannya. Film The Lady of Heaven disebut-sebut sebagai film pertama tentang kehidupan putri Nabi Muhammad, Fatimah.

Film tersebut menarik hubungan antara kelompok Negara Islam di abad ke-21 dan tokoh-tokoh sejarah dalam Islam Sunni. Di sisi lain, Malik Shlibak, produser eksekutif film tersebut, mengeluh kepada surat kabar The Guardian bahwa jaringan bioskop hancur karena tekanan.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Lockdown Diperpanjang, Muslim Malaysia Sikapi Dengan Muhasabah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …