f f d bed ea
f f d bed ea

Sekum PP Muhammadiyah: Bacaan Hasbunallah Wanikmal Wakil Bukan Kumandang Perang

Jakarta – Bacaan Dzikir ‘Hasbunallah Wanikmal Wakil’ dalam banyak pandangan orang dikaitkan dengan kondisi peperangan, hal tersebut dikarenakan bacaan “hasbunallah wanikmal wakil’ pernah dibaca Rasulullah ketika terjadi perang, namun sesungguhnya bukan pada waktu perang saja bacaan ‘hasbunallah wanikmal wakil’ pernah dibaca Rasulullah atau dianjurkan rasulullah.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. KH. Abdul Mu’ti menjelaskan bahwa bacaan ‘hasbunallah wanikmal wakil’ tidak berkaitan dengan peperangan atau menjadi kumandang peperangan.

Dilansir dari laman detik.com, Penjelasan itu disampaikan Mu’ti dalam cuitannya di akun Twitter sebagaimana dilihat detikcom, Jumat (18/2/2022). Mu’ti mulanya menjelaskan mengenai kalimat ‘hasbunallah wanikmal wakil’ yang disebut dalam Alquran.

“Hasbunallah wanikmal wakil disebutkan di dalam Alquran Surat Ali Imran [3]:173 dalam konteks Perang Uhud. Pasukan Islam yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad kalah. Banyak sahabat gugur. Umat Islam berduka cita,” ujar Mu’ti. detikcom telah mendapat izin untuk mengutip cuitan tersebut.

“Karena euforia kemenangan, orang-orang kafir akan menyerang lagi. Dalam situasi demikian Nabi Muhammad membaca hasbunallah wanikmal wakil,” sambung Mu’ti.

Mu’ti menjelaskan kalimat ‘hasbunallah wanikmal wakil’ dikumandangkan untuk menguatkan jiwa. Hal itu juga, kata Mu’ti, dibaca ketika Nabi Ibrahim akan dibakar Raja Namrud.

“Bukan untuk kumandang perang tapi menguatkan jiwa dan berlindung kepada Allah agar diberikan keselamatan. Nabi Ibrahim membaca hasbunallah wanikmal wakil ketika akan dibakar oleh Raja Namrud. Aisyah radliyallahu anha membaca hasbunallah wanikmal wakil ketika ditimpa fitnah telah berselingkuh dengan Safwan ibn Muathal,” beber Mu’ti.

Lebih lanjut, Mu’ti menuturkan saat Nabi Muhammad mengisyaratkan akan datangnya hari Kiamat, para sahabat tampak gelisah. Nabi Muhammad saat itu mengajarkan para sahabat agar membaca ‘hasbunallah wanikmal wakil’.

Baca Juga:  Banyak Kasus Penyerangan Penceramah, Muhammadiyah: Aparat Harus Amankan Masjid

“Hasbunallah wanikmal wakil bukanlah bacaan perang, tetapi dzikir yang diajarkan dan diamalkan para Nabi, sahabat, wali, ulama, dan orang-orang salih untuk mendapatkan ketenangan hati, kesabaran, dan kekuatan jiwa dalam menghadapi cobaan. Serta memohon kepada Allah agar diselamatkan dan dilindungi dari segala macam mara bahaya,” ujar Mu’ti.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Sholahuddin Al Aiyub

Radikalisme dan Liberalisme Distorsi Pemahaman Agama, Islam Wasathiyah Solusinya.

Jakarta – Radikalisme dan liberalism agama telah mendistorsi pemahaman agama. Karena itu, Islam wasathiyah menjadi …

maulid nabi

Khutbah Jumat – Hubbun Nabi

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …