sedekah
sedekah

Selain Ibadah Tarawih, Amalan Ini Penting untuk Menghidupkan Ramadan

Sudah maklum bersama Rasulullah menganjurkan umat Islam untuk menghidupkan malam-malam Ramadan. “Barang siapa beribadah di malam-malam bulan Ramadhan dengan penuh iman dan ihtisab, maka dihapuslah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Muslim). Dalam hadist lain dari Abu Hurairah ia berkata, “Rasulullah menganjurkan untuk melaksanakan qiyam Ramadan dengan tanpa penekanan”. (HR. Bukhari).

Karena itulah, antusiasme umat penuh dengan antusiasme di malam hari. Dari shalat tarawih hingga tadarus yang tidak pernah berhenti. Malam-malam Ramadan begitu meriah dan penuh dengan nuansa relijius.

Namun, di samping malam-malam Ramadan, ada pula amalan yang perlu dihidupkan oleh umat Islam ketika Ramadan, yakni memperbanyak sedekah kepada fakir dan miskin. Amalan ini akan menghidupkan Ramadan menjadi bulan suci bersama penuh kebahagiaan. Tidak hanya bagi yang mampu secara ekonomi, tetapi bagi mereka yang tidak mempunyai kecukupan harta.

Ramadan selain mencegah nafsu, tetapi semangat menahan lapar dan haus adalah menempa rasa simpati dan empati dari rasa lapar dan haus yang selalu dimiliki oleh mereka yang kurang mampu. Umat Islam dilatih untuk berada dalam kondisi perut yang tidak bisa terisi makanan sepanjang hari. Itulah kehidupan mereka yang tidak mampu selama ini.

Berpuasa selain ada dimensi spiritual, di saat yang bersamaan adalah pelajaran bagi umat untuk memahami dan mengerti tentang penderitaan fakir yang terbiasa tidak makan dan minum di luar bulan ramadhan. Di bulan suci ini umat muslim diperingatkan untuk mampu bermurah hati dan mampu meningkatkan aktivitas amal mereka, salah satunya adalah melalui sedekah.

Karena itulah, selain memperbanyak ibadah, sedekah adalah amalan yang mampu menghidupkan Ramadan untuk semua. Sedekah memberikan kehidupan bagi mereka yang sudah banyak merasakan kemiskinan dan kelaparan dan ingin menikmati Ramadan bersama.

Baca Juga:  Inilah 8 Manfaat Membaca Alquran

Amalan sedekah dan berbagi kepada sesama yang juga menjalankan ibadah puasa, akan membuat kita mendapatkan kedudukan yang cukup istimewa. Beberapa manfaat kita bersedekah di bulan suci ramadhan :

Pertama, mendapatkan pahala berpuasa orang yang kita sedekahi di luar pahala puasa kita sendiri.

Allah memang maha pemurah lagi maha penyayang, Ia memberikan berbagai limpahan kebaikan dan keutamaan di bulan yang suci. Karena selain kita mendapatkan pahala dari ibadah puasa kita, kita juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.

“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” [HR.Tirmidzi]

Kedua, menyelamatkan kita dari malapetaka.

Rasulullah berkata, “Beri sedekah tanpa penundaan, karena itu menghalangi malapetaka” (Al-Tirmidzi)

Kehidupan memang tidak selalu seperti yang kita harapkan, terkadang banyak saja malapetaka atau masalah yang tak kunjung tuntas yang kita rasakan. Allahpun memberikan solusi sedekah terutama di bulan Ramadhan agar kita mampu terhindar dari malapetaka dan mendapatkan manfaat di bulan ini.

Ketiga, meningkatkan sistem imun dan kebahagiaan.

Nyatanya berbuat baik dengan cara berbagi di bulan Ramadan ini dapat memberi manfaat kesehatan pada tubuh secara keseluruhan, salah satunya terjaganya system imun dan berbuat baik juga mampu meningkatkan hormone dopamin (kebahagiaan).

Kegiatan bersedekah atau berbagi akan mambuat seseorang menjadi bahagia dan terbantu, dan rasa bahagia dari seseorang tersebut akan mampu mengurangi risiko kita terkena depresi dan stres. Pikiran yang positif tentunya akan berpengaruh pada sistem imun kita yang otomatis akan membuat kita tidak mudah sakit. Beberapa keutamaan berbagi di bulan Ramadan tak hanya memberikan manfaat untuk harta dan akhirat tapi juga untuk kesehatan kita.

Baca Juga:  Pola Asuh Anak dalam Islam Mengatasi Toxic Parenting

 

Bagikan Artikel ini:

About Imam Santoso

Avatar of Imam Santoso

Check Also

UAS ditolak Singapura

UAS Ditolak Singapura karena Dianggap Penceramah Ekstremis, Mengganggu terhadap Kerjasama Negara?

Rama-ramai para tokoh memprotes kebijakan Imigrasi Singapura yang menolak penceramah kondang Ustad Abdus Somad (UAS) …

pandangan al-quran LGBT

LGBT Bertentangan dengan Sunnatullah, Ini Dalilnya

Agama Islam memiliki segala aturan yang dimaksudkan untuk mengatur kehidupan umat manusia agar berjalan selaras …