ibadah ramadan hari pertama di masjidil haram 4 169
ibadah ramadan hari pertama di masjidil haram 4 169

Seorang Pria Serang Khatib Jumat Masjidil Haram saat di Khotbah Mimbar

Seorang Pria Serang Khatib Jumat Masjidil Haram saat di Khotbah Mimbar

Jakarta – Ancaman aksi kekerasan tidak pernah mengenal tempat dan waktu, seperti yang terjadi di Masjidil Haram pada Jumat (21/5). Seorang pria tidak dikenal secara tiba-tiba maju kedepan mimbar lalu mengacungkan tongkat yang disembunyikan dibalik badanya kepada Khatib yang sedang berkutbah di mimbar.

Melalui sebuah video yang beredar luas dijagad dunia maya, pria tersebut berbaur dengan jamaah yang hendak melaksanakan sholat jumat, ketika khatib Syekh Baleelah sedang diatas mimbar, dia berjalan kedepan dan mengancam khatib sholat jumat, kontan saja petugas yang sedang berjaga langsung bereaksi dengan menangkap pria tersebut, sebelum aksinya semakin membahayakan khatib dan jamaah sholat jumat.

Menurut laporan Arab News dan dilansir dari laman cnnindonesiacom. Jumat (21/5), pria tersebut segera diamankan pihak kepolisian dan petugas Masjidil Haram serta langsung diproses secara hukum.

Percobaan serangan ini menjadi kali kesekian sejumlah peristiwa terjadi di masjid suci umat Islam tersebut. Pada akhir Maret lalu, dilaporkan seorang pria diamankan karena membawa pisau dan meneriakkan slogan pakaian teroris di Masjidil Haram.

Kemudian pada Oktober 2020, sebuah mobil menerobos penghalang dan menabrak gerbang 89 Masjidil Haram.

Pria yang mengemudikan mobil tersebut merupakan warga negara Arab Saudi dan langsung diamankan pihak kepolisian, demikian menurut kantor berita SPA, seperti dikutip dari Al Arabiya. Tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Sebelumnya rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan sebuah mobil Hyundai warna krem melaju dengan kecepatan tinggi dan kemudian menabrak gerbang 89 Masjid Al Haram.

Menurut laporan dari akun Instagram Makkah Region, seorang sumber dari Emirat Mekkah, Sultan Al-Dossary, mengatakan pengemudi tersebut mengemudikan mobilnya dengan kecepatan tinggi di salah satu jalan yang mengelilingi alun-alun selatan Masjidil Haram.

Baca Juga:  Ramadhan Momentum Muhasabah di Tengah Pandemi Corona

Arab Saudi kembali mengizinkan jemaah beribadah di Masjidil Haram pada Oktober 2020 setelah sekian bulan ditutup demi mencegah penyebaran Covid-19.

Jemaah diizinkan beribadah di Masjidil Haram dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti mengenakan masker.

“Warga telah menunaikan salat subuh di Masjidil Haram hari ini karena (pihak berwenang) mulai melaksanakan dimulainya kembali tahap kedua umrah secara bertahap,” lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …