Screen Shot 2021 05 22 at 3.47.10 PM
Screen Shot 2021 05 22 at 3.47.10 PM

Ini Profil Syeikh Baleelah yang Diserang Saat Jadi Khatib di Masjidil Haram

Mekah – Sebuah video beredar secara luas yang memperlihatkan seorang pria dengan pakaian ihram berlari dari belakang kemudian mengeluarkan tongkat yang ditujukan kepada khatib sholat jumat, beruntung petugas keamanan dengan sigap menangkap pria tersebut dan kemudian mengamankannya.

Khatib sholat jumat di Masjidil Haram yang mendapatkan ancaman serangan tersebut bukanlah orang biasa. Syekh Dr. Bandar Baleelah merupakan imam sekaligus pendakwah yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Saudi Arabia, beliau merupakan lulusan Universitas terkemuka yaitu Ummu Al-Qura Makkah.

Dikutip dari Manarat Al-Haramain, situs komunikasi pemerintah Arab Saudi, Syeikh Baleelah lahir di Mekah Al-Mukarramah pada tahun 1395 H.

Syeikh Baleelah menyelesaikan semua jenjang akademiknya di Mekah dan lulus dari Universitas Umm Al-Qura. Dia kemudian memperoleh gelar master di bidang yurisprudensi dari Sekolah Tinggi Syariah dan Kajian Islam pada tahun 1422 H.

Selanjutnya memperoleh gelar doktor dari Universitas Islam Madinah di bidang yurisprudensi dari Sekolah Tinggi Syariah Tahun 1429 Hijriyah. Dia saat ini bekerja sebagai asisten profesor di Universitas Taif selain bertugas menjadi imam dan penceramah di Masjidil Haram di Mekah.

Seperti dilansir Gulf Today dan detikcom, Sabtu (22/5/2021), ada pria yang berusaha menyerang khatib Syekh Baleelah. Pria yang tidak diketahui identitasnya itu telah diamankan petugas keamanan yang berjaga di sekitar mimbar, sebelum sempat melancarkan serangannya.

“Seorang pria yang berupaya menyerang mimbar yang menjadi lokasi imam menyampaikan khotbah sebelum Salat Jumat di Masjidil Haram telah ditangkap,” demikian pernyataan Kepolisian Mekah via Twitter.

Pelaku Membawa Tongkat

Disebutkan bahwa pria itu membawa sebuah tongkat saat berlari mendekati mimbar, sebelum akhirnya diamankan petugas keamanan.

“Pria itu, mengenakan ihram dan mengacungkan tongkat, dengan cepat ditangkap dan prosedur hukum terhadapnya telah dilakukan,” imbuh pernyataan Kepolisian Mekah.

Baca Juga:  FPI Dilarang, Kemenag: Tak Ada Lagi Simbol dan Atribut FPI Untuk Urusan Dakwah

Momen percobaan penyerangan itu terekam video yang menunjukkan sesosok pria yang memakai ihram tiba-tiba berlari mendekati mimbar, namun dia gagal mendekati sang khatib Salat Jumat dan langsung disergap oleh petugas keamanan yang berjaga di lokasi.

Motif di balik percobaan penyerangan ini belum diketahui secara jelas.

Para pengguna media sosial Saudi memuji kesigapan petugas keamanan Masjidil Haram dalam insiden ini.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …