jusuf kalla 169
jusuf kalla 169

Jusuf Kalla Serukan Setengah Isi Kotak Amal Masjid untuk Solidaritas Palestina

Jakarta – Konflik antara Israel-Palestina yang belum juga mereda, bahkan belakangan eskalagi pertikaian semakin meningkat setelah Israel melakukan penyerangan pada jamaah di Masjid Al-Aqsa pada akhir Ramadhan.

Agresi Irsrael kemudian semakin meningkat dengan melakukan serangan roket ke Jalur Gaza dan wilayah Syekh Jarrah sehingga menimbulkan korban ratusan baik yang waat maupun luka-luka dari warga Palestina.

Kecaman serta protes terhadap aksi agresi Israel muncul dari berbagai negara, dan bantuan untuk Palestina berupa dukungan dan donasi terus mengalir. Bahkan Dewan Masjdi Indonesia (DMI) menyerukan untuk mengalirkan donasi untuk rakyat Palestina.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyerukan agar setengah penghasilan kotak amal masjid disumbangkan untuk warga Palestina. Solidaritas ini diserukan untuk membantu warga Palestina yang banyak kehilangan tempat tinggal usai gempuran Israel beberapa waktu lalu.

“Jadi Pak JK lewat Dewan Masjid Indonesia menyerukan solidaritas Al-Qudus yang juga Gaza, yang mana warganya itu mengalami kehilangan tempat tinggal, kerusakan bangunan dan perlu uluran tanganlah,” kata Sekjen DMI, Imam Addaruquthni kepada wartawan seperti dilansir dari laman detikcom, Sabtu (22/5/2021).

Dia menjelaskan bahwa seruan ini muncul karena Al-Aqsa termasuk kiblat pertama umat Islam. Tempat tersebut termasuk tempat suci bagi umat Islam.

“Al-Aqsa itu termasuk tempat suci umat Islam. Kiblat pertama umat Islam. Bagaimana pun itu tempat suci,” ujarnya.

Setengah Kotak Amal

DMI membuat rekening khusus untuk solidaritas ini. Masjid diserukan untuk menyisihkan setengah penghasilan kotak amal untuk solidaritas ini sekali saja. Hasil sumbangan itu nantinya akan langsung disalurkan langsung oleh JK ke Palestina.

“DMI membuat rekening khusus solidaritas Al-Qudus dan juga Gaza itu. Resminya hanya sekali saja. Setengah dari kotak amal diserukan untuk solidaritas. Bukan terus menerus. Jadi nanti akan disalurkan sendiri oleh Pak JK ke Palestina. Bukan dititipkan sama yang nggak jelas,” ungkapnya.

Baca Juga:  Budiman Sujatmiko Kritik Pedas Artis Hijrah Yang Mendukung Khilafah

Dia berharap seruan solidaritas ini bisa meningkatkan penghasilan kotak amal masjid. Menurutnya, solidaritas ini tidak akan mengurangi isi kotak amal, tetapi justru akan meningkatkannya.

“Kalau ini diserukan, diharapkan ada peningkatan kotak amal ke depan ini. Jadi ini solidaritas seluruh masjid di Indonesia untuk Al-Aqsa sebenarnya. Diharapkan meningkat kotak amalnya untuk Al-Aqsa, jadi kehilangan separuh kotak amal ini tidak hilang juga karena ditingkatkan,” tuturnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

umat muslim bersiap melakukan sholat berjamaah dengan menerapkan protokol

Fenomena Mana Dalilnya & Pentingnya Belajar Alquran Secara Baik

JAKARTA – Al-Quran bukan hanya sekedar kitab suci yang bertuliskan perintah dan larangan, namun juga …

Dana dikorupsi berjamaah pembangunan Masjid Raya Palembang mangkrak

Dana Pembangunan Masjid Sriwijaya Dikorupsi Berjamaah, MUI: Di Luar Batas Moral dan Religiusitas

Jakarta – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel) baru saja menetapkan tiga tersangka baru korupsi …