Kaca jendela Masjid Hagia Sophia Amsterdam pecah berantakan dilempar botol bir
Kaca jendela Masjid Hagia Sophia Amsterdam pecah berantakan dilempar botol bir

Setelah Masjid di Prancis Diserang Islamofobia, Kini Masjid Hagia Sophia Amsterdam Dilempari Botol Bir

Amsterdam – Aksi-aksi Islamofobia dan vandalisme di masjid terus terjadi di Eropa. Setelah beberapa hari lalu, Masjid Agung Islamic Institute di Kota Martigue, dekat Marseille, Prancis, kini Masjid Hagia Sophia di kota Amsterdam dilempari botol bir. Akibat serangan itu, kaca jendala masjid hancur berantakan.

Ini adalah kali kedua serangan Islamofobia dialamatkan ke Masjid Hagia Sophia. Tahun lalu, di tempat ini seorang pelaku bertopeng melemparkan batu ke jendela masjid tak lama setelah salat Isya.

 “Kami berharap aparat dan politisi mengambil tindakan pencegahan terhadap serangan semacam itu,” kata Gazi Cırık, Ketua Dewan Yayasan Masjid Hagia Sophia, kepada Anadolu Agency (AA) via laman republika.co.id, Selasa (6/7/2021).

Cirik mengaku telah memberikan berbagai keterangan dan barang bukti yang dibutuhkan kepada pihak kepolisian. Menurut Cirik, serangan itu membuat komunitas Muslim merasa cemas akan kembali terulang serangan serupa.

Ia berharap aparat bisa melakukan langkah pencegahan dan menangkap pelaku sehingga komunitas Muslim merasa aman dan nyaman dalam beribadah. Sementara itu, National Vision Federation menyampaikan, Masjid Hagia Sophia di Amsterdam, Belanda dirusak, Minggu (4/7/2021) malam. Federasi mengungkapkan bahwa jendela masjid tersebut pecah akibat lemparan botol bir.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Atasi Islamofobia, Swiss akan Gelar Referendum Cadar

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Gus Muwafiq bermain gitar dan musik

Gus Muwafiq: Musik Akan Jadi Alat Setan Bila Dipegang Orang-orang Yang Lalai

Jakarta – Pernyataan Uki Eks Noah bahwa musik itu haram berbuntut kontroversi. Raja Dangdut H. …

Khotbah Jumat

Wacana Khotbah 15 Menit, Muhammadiyah: Singkat Bukan Untuk Cegah Ngantuk, Tapi Sunah Nabi

Jakarta – Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (Wasathi) mewacanakan usulan khotbah di masjid-masjid di seluruh Indonesia …