Habib Luthfi bin Yahya tundan pelaksanaan Kanzus Sholawat
Habib Luthfi bin Yahya tundan pelaksanaan Kanzus Sholawat

Taati Aturan Pemerintah, Habib Luthfi Tunda Pelaksanaan Kanzus Sholawat

Pekalongan – Puncak acara Maulid Akbar Kanzus Sholawat yang sedianya akan digelar 18-22 November akhirnya ditunda dengan waktu yang belum ditentukan. Penundaan itu sebagai upaya untuk menaati aturan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 yaitu mencegah kerumunan orang.

Penundaan itu langsung diumumkan Rais ‘Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyah (JATMAN), Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, dalam rapat panitia di Gedung Kanzus Sholawat di Pekalongan, Selasa malam (17/11/2020).

“Saya atas nama pribadi, dengan penuh pertimbangan,” ujar Habib Luthfi dikutip dari laman detikcom.

Dalam kesempatan itu, Habib Luthfi mengatakan keputusan ini bukan karena adanya tekanan dari pihak manapun. Dia kemudian menyampaikan permintaan maaf atas penundaan acara tersebut.

“Mohon maaf sebesar-besarnya atas mundurnya jadwal Maulid ini,” lanjut Habib Luthfi.

Sebelumnya Sekretaris Umum Panitia, Sumarjo, telah menyampaikan ada tiga acara dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi itu yang dibatalkan. Tiga acara tersebut yakni pawai panjang jimat, kirab merah putih dan apel. Ketiganya dibatalkan atas pertimbangan Habib Luthfi.

Kapolres Pakalongan Kota, AKBP Mochammad Irwan Susanto, juga telah menyampaikan polisi tidak akan mengeluarkan izin untuk acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Namun dia mengakui sudah menerima pemberitahuan acara dari panitia.

“Intinya hasil rapat tadi, kita dari Forkompimda mengimbau pada panitia untuk mengikuti aturan yang ada. Di masa pandemi ini prinsipnya aturan yang ada yang harus kita laksanakan,” jelas M Irwan Susanto.

“Soal izin, kami di masa pandemi ini tidak boleh mengeluarkan izin, itu memang kebijakan dari pimpinan kami sehingga kami selalu pelaksana di lapangan harus patuh pada kebijakan pemerintah,” lanjutnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kunjungi Katedral, Menag Yaqut Diskusi Moderasi Beragama dengan Uskup Agung Jakarta

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …