miguea angel moratinos
miguea angel moratinos

Tanggapi Pelecehan Islam, PBB: Hormatilah Perbedaan Agama

New York – Meningkatnya ketegangan akibat pelecehan agama Islam oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron serta penerbitan kartu Nabi Muhammad SAW oleh majalah Charlie Hebdo membuat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) prihatin. PBB pun menyerukan agar seluruh pihak mengedepankan sikap saling menghormati dalam perbedaan agama dan pandangan politik.

“Perwakilan Tinggi PBB mengikuti dengan keprihatinan yang mendalam akan meningkatnya ketegangan dan contoh intoleransi yang dipicu oleh publikasi karikatur satir yang menggambarkan Nabi Muhammad,” kata Kepala Badan Anti Ekstremisme PBB Miguel Angel Moratinos dilansir kantor berita AFP, Kamis (29/10/2020).

Pernyataan Moratinos disampaikan menyusul kemarahan yang meningkat di dunia Muslim atas tanggapan Prancis terhadap pemenggalan kepala seorang guru, yang telah menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya sebagai bagian dari pelajaran tentang kebebasan berekspresi.

Macron juga membela penerbitan kartun Nabi Muhammad dengan alasan kebebasan berekspresi. Hal ini memicu aksi-aksi protes dan kemarahan di seluruh dunia Muslim dan kampanye untuk memboikot produk-produk Prancis.

“Karikatur yang menghasut tersebut juga memprovokasi tindakan kekerasan terhadap warga sipil tak berdosa yang diserang karena agama, kepercayaan atau etnis mereka,” ujar Moratinos.

“Menghina agama dan simbol-simbol agama suci memicu kebencian dan ekstremisme kekerasan yang mengarah pada polarisasi dan fragmentasi masyarakat,” tegasnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Polisi Bangladesh Amankan Influencer Menari Di Masjid

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH saat RDP dengan Komisi III DPR RI Rabu September

Anggota MIT Tambah Jadi 12 Orang, Kepala BNPT: Ada 17 Desa di Poso Penceramahnya Dukung Ali Kalora

Jakarta – Jumlah anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang semua tinggal 6 orang, …

Komjen Boy Rafli Amar

BNPT Tanggapi Positif Peringatan Jepang Terkait Potensi Aksi Terorisme di Tempat Ibadah

Jakarta – Jepang mengeluarkan peringatan potensi ancaman terorisme di Indonesia dan lima negara ASEAN yaitu …