076598900 1633082207 830 556

Vaksinasi Berjalan Lancar, Semua Kegiatan Masjid di Serawak Akan Dibuka

KUCHING — Penyebaran Covid- 19 dibeberapa negara sudah mulai memperlihatkan penurunan, hal tersebut dikarenakan tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan prokes dan vaksinasi yang terus digalakkan. Seiring dengan perkembangan tersebut, semua masjid dan surau di Sarawak akan diizinkan menggelar ibadah mulai hari ini, Senin (04/10).

Meskipun masjid dan surau telah dibukan, namun tidak semua kegiatan boleh digelar terutama bagi yang belum divaksin. Kegiatan yang boleh digelar adalah pengajian, ceramah, lokakarya, kursus dan lainya. Dewan Islam Sarawak (MIS) merilis pernyataan yang menyatakan bahwa perizinan itu tidak termasuk pengurusan jenazah, memandikan hingga menyolati.

“Hanya jemaah dan pegawai yang telah divaksinasi lengkap yang boleh mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di masjid atau surau,” tulis dewan dalam pernyataannya yang dikutip di Bernama dan republika.co.id, Senin (4/10).

Dewan menjelaskan bahwa jamaah kini dapat melaksanakan sholat jamaah, sholat Jumat maupun sholat sunah di semua masjid di Serawak, termasuk seluruh distrik, kecamatan dan paroki, tergantung pada kapasitas masjid dan tetap mematuhi protokol kesehatan dan jarak sosial.

Jemaah dihimbau untuk mengikuti SOP seperti selalu memakai masker, mengukur suhu tubuh, mendaftarkan kehadiran mereka melalui aplikasi seluler MySejahtera atau di buku catatan yang disediakan oleh tempat, membawa sajadah pribadi, berwudhu sebelum datang ke masjid atau surau, hindari keramaian saat memasuki atau meninggalkan tempat dan hindari berjabat tangan dengan jamaah lain.

Dewan Islam juga melarang orang-orang yang menunjukkan gejala atau dalam masa karantina Covid-19 untuk datang ke masjid atau mengikuti kegiatan di dalamnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Jumatan di Masjid Roma, Menag: Bukti Islam Agama Damai

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

undangan non muslim

Fikih Toleransi (6): Menghadiri Undangan Non Muslim

Toleransi yang sejatinya merupakan ajaran Islam mulai menipis, bahkan dianggap bukan ajaran Islam. Ini terjadi …

toleransi

Khutbah Jumat – Islam dan Toleransi

Khutbah Pertama اَلْحَمْدُ لله الَذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ وَهَدَانَا إلَى صِرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ صِرَاطِ الَذِيْنَ …