Zulfikar Ahmad
Zulfikar Ahmad

Wadah Santri Moderat yang Selaras Dengan Pancasila, Radikalisme Takkan Tumbuh di Pesantren

Jambi –Pondok pesantren adalah wadah para santri moderat yang selalu menerima pembelajaran Islam moderat yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Karena itu, berbagai hal terkait radikalisme tidak akan bisa tumbuh di lingkungan pesantren.

“Pesantren adalah wadah bagi santri menerima pandangan moderat yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga pandangan radikalisme secara otomatis akan ditolak masuk ke pesantren dan tak akan laku menyusup ke golongan intelektual kaum santri,” kata Anggota MPR RI Zulfikar Achmad dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Kenegaraan di Pondok Pesantren La Tansa Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Jambi, beberapa waktu lalu.

“Siapapun yang membawa paham radikalisme adalah orang-orang terkutuk yang ingin menghancurkan Islam,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Zulfikar memberikan pemahaman kepada para santri tentang pentingnya menjaga kesatuan negara berlandaskan empat pilar tersebut.

“Negara kita lahir dari perbedaan jadi jangan sampai dengan perbedaan itu melahirkan permusuhan dan pertikaian, tidak ada agama yang mengajarkan kejahatan terhadap sesama” kata dia.

Pasalnya, pesantren itu sebagai wadah melahirkan kaum–kaum cendikiawan muda anak bangsa yang berdasarkan pada keilmuan agama Islam yang moderat, sehingga paham radikalisme yang mengatasnamakan pesantren itu hal yang paling kotor dan tidak berdasarkan apapun.

“Saya penuh keyakinan pesantren saat ini sudah sangat lebih modern dan logis dalam cara berfikir dan bertindak, sehingga tidak mudah akan hasutan yang menjerumuskan pada paham radikalisme,” tegasnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Dewan Ulama Senior Arab Saudi: Ikhwanul Muslimin Kelompok Teroris

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …