Meriam Ramadan ditembakkan tanda waktu berbuka puasa
Meriam Ramadan ditembakkan tanda waktu berbuka puasa

Meriam Ramadan Kembali Ditembakkan, Muslim Bahrain Suka Cita

Manama – Setelah vakum selama dua tahun pandemi Covid-19, umat Muslim di Bahrain kembali melaksanakan tradisi-tradisi di bulan Ramadan. Salah satunya menembakkan meriam Ramadan sebagai tanda waktu berbuka puasa di ibukota Bahrain, Manama.

Meriam Ramadan ditembakkan di depan umum dan langsung disambut sorak sorai umat Muslim di Bahrain menyambut kembalinya tradisi Ramadan yang populer itu. Sebelummya, Meriam itu hanya tergeletak dan tak tersentuh dua tahun lamanya akibat pembatasan dan larangan bergerak serta pemakaian masker, yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kini tradisi lama di Timur Tengah itu kembali hidup. Tradisi, yang menandai berakhirnya puasa sehari selama bulan suci Penembakan meriam mencapai Bahrain melalui Arab Saudi, di mana itu diadopsi sebagai tradisi modern pada 1920-an di Makkah dan Madinah.

Tradisi ini telah kembali disambut setelah Bahrain membatalkan banyak pembatasan Covid-19 pada 30 Maret.

Sejak munculnya pandemi pada awal 2020, Bahrain telah mencatat sekitar 560.023 kasus dan 1.473 kematian. Pada Senin, Kementerian Kesehatan negara itu mencatat 592 kasus baru dan satu kematian.

“Kami senang menyaksikan tradisi ini bersama anak-anak kami dan mengajari mereka kisah di balik meriam buka puasa dan apa yang dilambangkannya bagi kami sebagai Muslim dan komunitas,” kata pengunjung pameran meriam di Manama, Ahmed dilansir dari The National News dikutip dari laman ihram.co.id, Selasa (12/4/2022).

“Upacara tahunan ini menyambut kami untuk merangkul tradisi ini dengan keamanan dan kemakmuran,” ujarnya.

Meriam ditembakkan ke area perbelanjaan tepi laut The Avenues di ibu kota, dan benteng Arad dan Riffa. Bahrain juga mengumumkan skema untuk merenovasi masjid di seluruh negeri, dan membangun yang baru.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Perempuan Chechnya Eks ISIS Pulang dan Kini Jadi Guru

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …