2 6

Wapres Minta Jaga Kekompakan NU Pasca-Muktamar

BANDAR LAMPUNG – Muktamar Ke-34 NU di Lampung telah selesai, berjalan dengan baik dan sukses, terpilih sebagai Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf menggantikan KH. Said Aqil Siradj melalui pemilihan yang demokratis dan transparan. Pasca pemilihan, Kiai Said sendiri mengucapkan syukur dan ucapan selamat atas terpilihnya Gus Yahya.

Kiai Said sendiri berharap NU dibawah kepemimpinan Gus Yahya akan menjadi semakin baik kedepanya dan memastikan pilihan para muktamirin sudah tepat.

Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta agar NU terus menjaga kekompakan usai pelaksanaan Muktamar ke-34 NU. Kiai Ma’ruf mengingatkan, hasil Muktamar ke-34 NU ini adalah amanat yang harus disyukuri, karena berjalan dengan damai dan lancar.

“Tadi disebutkan amanat yang harus kita jaga, kita pelihara, NU tidak boleh mengalami situasi terjadinya perpecahan, permusuhan, ketidakkompakan, sehingga membuat kiprah NU menjadi lemah,” ujar Kiai Ma’ruf saat menutup secara resmi Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Universitas Islam Negeri Raden Intan Bandar Lampung, seperti dikutip dari laman republika.co.id Jumat (24/12).

Karena itu, Kiai Ma’ruf berpesan, agar warga Nahdliyin untuk melaksanakan sikap-sikap yang diajarkan para ulama yakni saling mencintai, saling menyayangi, sikap saling membantu), sikap saling menolong). Hal ini kata Kiai Ma’ruf sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebut orang mukmin yang satu dengan mukmin yang lain di dalam saling menyayangi, saling mencintai seperti tubuh yang satu.

“Saling mencintai, menyayangi di antara warga Nahdlatul Ulama juga harus seperti tubuh yang satu. Harus seperti seperti satu bangunan yang satu sama lain saling menopang sehingga menjadi bangunan yang kuat, yang hebat,” ujar Wapres.

Baca Juga:  Gus Yahya: NU Terus Komitmen Dukung Perjuangan Rakyat Palestina

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia ini menilai, sikap ini, penting agar Nahdlatul Ulama dapat mewujudkan khittah nahdiyah atau garis-garis perjuangan Nahdlatul ulama, yakni khittah nabawiyah, khittahnya para nabi, khittah islahiyah perbaikan reformasi. Ia mengatakan, NU adalah gerakan organisasi kebaikan.

“Tidak ada yang dikehendaki kecuali illal ishlah perbaikan-perbaikan. Nahdlatul Ulama adalah gerakan ulama dalam memperbaiki umat diniyatan agamanya, maupun kemasyarakatannya,” katanya.

“Seluruhnya ini adalah menjadi kiprah perjuangan Nahdlatul Ulama dalam melakukan perbaikan-perbikan keumatan, kebangsaan, dan kenegaraan maupun dalam tataran tingkat global,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, saat menutup Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama, Wapres mengapreasi dan bersykur pelaksanaan Muktamar bisa berlangsung dengan lancar, baik dan damai.”Tidak ada kalimat yang pantas untuk kita ucapkan kecuali alhamdulilah karena muktamar ke 34 NU telah berakhir dengan damai dan tentram, memang banyak yang memperkirakan muktamar akan panas terjadi goncangan, tetapi ternyata muktamar ini dapat landing dengan damai, aman dan baik sekali,” ujarnya.

Menurutnya, ini karena NU merupakan organisasi yang berpengalaman dan dikendalikan oleh pilot pilot yang handal sehingga situasi segawat apapun dapat diatasi dengan baik dan akhir yang menyenangkan.

“Alhamdulilah hasil ini bagi pemerintah ini sangat menggembirakan, sangat menyenangkan, karena bagi pemerintah NU dianggap dan dinyatakan sebagai mitra pemerintah yang paling setia dalam membangun bangsa,” katanya.

Perkuat Ikatan Umat

Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengucapkan selamat atas terpilihanya Yahya Cholil Tsaquf sebagai Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Dia berharap, Yahya Cholil alias Gus Yahya dapat mempererat ikatan antar umat.

“Kami berharap kepada KH. Miftakhul Akhyar dan KH. Yahya Cholil Tsaquf untuk dapat memperkuat ukhuwah yang sejati serta meningkatkan kerjasama dengan berbagai elemen pihak, termasuk dengan Muhammadiyah dalam memajukan umat, bangsa dan negara,” kata Abdul Mu’ti di Jakarta, Jumat (24/12).

Baca Juga:  Pelaksanaan Haji Sukses, Saudi Arabia Akan Buka Layanan Umroh Secara Bertahap

Secara pribadi, dia juga mengucapkan selamat kepada Miftakhul Akhyar sebagai Rais Aam PBNU. Berharap keduanya diberikan kekuatan dan hidayah Allah dalam mengemban amanat jamaah dan Jamiyah NU.

“Terima kasih kepada KH Said Aqil Siradj yang telah memimpin PBNU dan telah bekerjasama dengan baik dengan Muhammadiyah dan Ormas Islam lainnya,” katanya.

Seperti diketahui, Yahya Cholil Staquf, resmi terpilih sebagai ketua umum PBNU periode 2021-2026.

Mantan juru bicara presiden Abdurrahman Wahid ini terpilih dalam Sidang Pleno V Muktamar ke-34 NU di Gedung Serbaguna Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung.

Dalam Muktamar ke-34 NU, mekanisme pemilihan ketua umum PBNU menggunakan mekanisme voting atau pemungutan suara. Dalam proses penghitungan suara, kiai yang biasa dipanggil Gus Yahya ini berhasil memperoleh 337 suara. Sedangkan, calon ketum PBNU petahana KH Said Aqil Siroj hanya mendapatkan 210 suara. Adapun, satu suara dianggap batal.

Proses pemungutan suara di Muktamar ke-34 NU dilakukan dua tahap. Pemilihan tahap pertama berlangsung sejak pukul 02.00 dini hari hingga pukul 06.00 pagi. Dalam proses ini, muncul beberapa nama sebagai bakal calon, seperti KH As’ad Said Ali dan KH Marzuki Mustamar.

Namun, hanya Gus Yahya dan Kiai Said yang lolos untuk maju dalam tahap kedua sebagai calon ketum PBNU setelah mendapat lebih dari 99 suara. Dalam pemilihan tahap pertama ini, Gus Yahya memperoleh 327 suara dan Kiai Said mendapatkan 203 suara. Setelah itu, keduanya diminta untuk memberikan pernyataan kesediaannya untuk maju sebagai calon ketum PBNU dalam proses pemilihan tahap kedua.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Pernikahan beda agama

Nikah Beda Agama Disahkan PN Surabaya Preseden Buruk dan Resahkan Umat Islam

Jakarta – Beberapa waktu lalu Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mensahkan pernikahan beda agama yang diajukan …

Holywings

Kata MUI Hollywings Mesti Diadili Biar Kapok

Jakarta – Tempat hiburan malam Holywings harus bertanggung jawab. Bar kaum jetset itu mesti diadili …