1 7

Organisasi Islam Di Harrogate Jadikan Bekas Rumah Sakit sebagai Masjid

HARROGATE — Masjid merupakan salah satu kebutuhan umat Muslim diberbagai belahan dunia, bahkan masjid tidak hanya dipungsikan sebagai sarana ibadah namun juga dipergunakan untuk perpustakaan dan pertemuan lainya. Namun di Eropa menemukan atau membangun masjid tidaklah semudah dinegara-negara Asia dan Afrika yang memang penganut muslimnya cukup besar.

Maka sebuah asosiasi bernama Harrogate Islamic Association (HIA) telah lama ingin membangun sebuah masjid dan telah mengajukan pendirian masjid yang akan berada di bekas kantor Home Guard sekaligus rumah sakit Victoria.

Asosiasi yang didirikan pada 2011 itu telah bertahun-tahun mencari wilayah dan tempat permanen yang dapat diubah menjadi masjid. Bangunan yang juga merupakan bekas Rumah Sakit Victoria itu dibanderol dengan harga  £ 500.000 (Rp 9,4 miliar), dan HIA tengah berupaya mengumpulkan dana untuk membelinya. Selain ditujukan sebagai tempat peribadatan, masjid itu juga rencananya akan menjadi pusat komunitas dan badan amal, sekaligus pusat kegiatan para pengungsi Suriah dan Afghanistan yang kini banyak bermigrasi ke daerah itu.

“Kami pikir ini adalah kesempatan terbaik kami untuk memiliki suatu tempat di pusat kota. Lokasi fantastis,” ujar Zahed Amanullah dari HIA yang dikutip Stray Ferret dan republika.co.id Rabu (22/12).

Dia mengatakan, bangunan itu memiliki nilai sejarah yang perlu dihormati, maka HIA telah sepakat untuk mempertahankan sebagian besar struktur bangunan. Dia juga memastikan tidak akan ada penambahan menara atau semacamnya.

“Kami menyadari nilai sejarahnya dan kami ingin mengingatnya ketika kami merestorasi bangunan. Kami akan mempertahankan fitur periodenya. Kami tidak akan memasang menara atau semacamnya, itu diperlukan sebagai ruang. Tidak ada yang akan ditambahkan,” jelasnya.

Sejarawan Harrogate Malcolm Neesam mengatakan bahwa bangunan itu memiliki nilai sejarah yang penting bagi Harrogate. Ini awalnya adalah rumah sakit kedua di kota itu dari tahun 1873 hingga 1883 sebelum digunakan sebagai Aula Masonik pertama yang dibangun khusus di Harrogate. Bangunan itu juga sempat difungsikan sebagai tempat pahlawan Perang Krimea Harrogate Sersan Mayor Robert Johnston meninggal. Dengan munculnya Perang Dunia Kedua pada tahun 1939, Home Guard setempat mulai menggunakan bangunan sebagai klub sosial untuk bersantai.

Menurut surat dari mantan anggota klub Home Guard yang tertuang dalam dokumen perencanaan, klub terpaksa membubarkan dan menutup venue pada tahun 2015 karena tidak memiliki cukup uang untuk memperbaiki atap yang bocor. Sebelumnya, ada dua pengajuan yang diterima, untuk menghancurkan gedung dan membangun empat flat di atasnya, namun keduanya ditolak.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wapres HUT ke 45 MUI

Fatwa MUI: Terorisme Bukan Jihad, Terorisme Haram!

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan bahwa aksi terorisme bukan jihad, terorisme …

Cak Islah Bahrawi

Tolak UU Buatan Manusia, Islah Bahrawi: Teroris Hanya Mau Jalankan Hukum Syariah

Jakarta –  Kelompok teroris menganggap Undang-undang harus menggunakan hukum syariah yang dalam pemahamannya sebagai buatan …