Mempersiapkan Bulan Ramadan
Ramadhan

3 Cara Mempersiapkan Bulan Ramadan

Sungguh kebahagiaan akan terpancar dalam diri setiap muslim ketika menyambut bulan Ramadan. Beragam aktifitas mulai dilaksanakan untuk mempersiapkan Bulan Ramadan. Ada Sebagian yang sudah belanja untuk keperluan Ramadan. Ada pula aktifitas lain yang penuh nuansa relijius dengan tradisi di berbagai daerah.

Namun, mempersiapkan bulan Ramadan bukan sekedar kesiapan fisik semata atau hal berbau material. Ada banyak persiapan yang semestinya dilakukan oleh umat Islam menyongsong bulan Ramadan. Inilah beberapa di antaranya :

  1. Mengqadha’ dan Memperbanyak Puasa

Bagi yang belum sempat membayar utang puasa bersegeralah untuk membayar puasa. Karena ketika belum terbayar hingga Ramadan umat Islam harus membayar fidyah. Karena itulah, Rasulullah dan para sahabat memperbanyak puasa sebagai Latihan di bulan Sya’ban ini. Puasa Sya’ban juga bisa dibersamakan niatnya dengan mengqadha’ puasa yang tertinggal.

  1. Membanyak Baca Al Quran

Diriwayatkan dari Anas berkata “bahwa umat Islam ketika masuk bulan Sya’ban, maka senantiasa membaca al-Quran dan mengeluarkan zakat hartanya, sebagai bantuan untuk orang miskin dalam menghadapi puasa” (Al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif 1/138).

Kebiasaan membaca al-quran ini penting untuk membersihkan diri menyambut bulan yang suci ini. Pada bulan Ramadan umat Islam akan menghiasi hari dan malamnya dengan bacaan ayat suci Al-Quran.

  1. Memperbanyak Zakat dan Shadaqah untuk Fakir Miskin

Amalan yang ketiga sebagaimana diceritakan Sahabat Anas merupakan cara berbagi umat Islam dengan fakir miskin dalam menghadapi puasa. Ketika kita berlomba untuk mempersiapkan makanan dan minum di Bulan suci ini, kita tidak boleh lupa saudara kita yang kekurangan dan ingin menyambut bulan Ramadan.

Semoga pada bulan ini kita dapat melaksanakan dan memanfaatkan Ramadan dengan maksimal. Semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan. Amin.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Sering Gagal Cinta? Cinta kepada Allah Tidak Akan Pernah Ditolak, Ini Kuncinya!

About Imam Santoso

Avatar of Imam Santoso

Check Also

memiliki keris

Muslim Memiliki Keris, Ada Masalah?

Ada pertanyaan yang sedikit lucu tetapi penting dijawab, bolehkah seorang muslim memiliki keris? Pertanyaan ini …

mahsa amini

Tragedi Mahsa Amini dan Cara Berislam Kita

Ternyata persoalan jilbab tidak hanya menjadi persoalan di Negara Indonesia saja. Pada tanggal 13 September …