masjid agung Paris
masjid agung Paris

300 Masjid Seluruh Perancis Minta Jamaah Tak Datangi Masjid Selama Ramadhan

Paris  – Umat Muslim di Perancis diimbau tak datang masjid selama bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah. Imbauan itu dikeluarkan 300 Masjid Agung Paris yang berafiliasi dengan 300 masjid di seluruh Prancis.

“Mengumpulkqn jamaah di masjid-masjid dapat menyebabkan penyebaran lebih lanjut virus Corona. Maka dari itu, umat Islam disarankan tidak pergi ke masjid saat Ramadhan,” kata pengurus Masjid Agung di Paris, Chems-Eddine Hafiz dikutip dari Abna 24, Selasa (14/4/2020).

Ia mengungkapkan, menurut ajaran Islam penangguhan sementara untuk ibadah ketika ada bahaya untuk kesehatan setiap individu dibolehkan. Saat ini, Prancis menutup masjid-masjid besar dan tempat ibadah dari awal Maret 2020 karena wabah Corona.

“Lebih dari 1,7 juta orang telah terinfeksi COVID-19 secara global dan jumlah kematian telah melebihi 103 ribu orang. Prancis telah mengumumkan lebih dari 124 ribu infeksi virus Corona sejauh ini dan jumlah kematian lebih dari 13 ribu orang,” kata dia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron sebelumnya telah memutuskan memperpanjang status lockdown di negaranya untuk menghentikan virus Corona hingga 11 Mei 2020. Macron akan memberlakukan sejumlah kebijakan usai perpanjangan masa lockdown ini.

Macron mengumumkan kepada seluruh warga Prancis, Lockdown ketat akan diperpanjang hingga pertengahan bulan depan. Masa lockdown akan dikurangi bila warga Prancis mentaati aturan yang sudah ditetapkan pemerintah serta melambatnya angka penyebaran virus Corona.

“Kita harus terus menjadi warga negara yang baik, bertanggung jawab dan menghormati aturan jika penyebaran virus memang terus menyebar,” kata Macron.

Macron menjelaskan, sekolah akan mulai dibuka kembali pada 11 Mei 2020, tetapi restoran dan kafe akan tetap tutup. Perbatasan dengan negara-negara non-Eropa akan tetap ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Sekum Muhammadiyah: Covid-19 Masalah Bersama, Jangan Saling Menyalahkan

About Islam Kaffah

Check Also

duduk di kuburan

Saat Ziarah, Bolehkah Duduk di Kuburan?

Meskipun arus puritanisasi  mengklaim ziarah kubur adalah ritual bid’ah, tapi tidak banyak muslim nusantara yang …

shalat ghaib korban bencana

Shalat Ghaib untuk Korban Bencana

Pada tanggal 4 Desember 2021 telah terjadi peningkatan aktifitas vulkanik di gunung semeru. Hal itu …