Riyadh – Pemerintah Arab Saudi telah melonggarkan kebijakan lockdown dalam pandemi virus Corona atau Covid-19, dengan membuka kembali masjid-masjid. Sebanyak 90 masjid telah dibuka kembali, setelah selama dua bulan ditutup.

Mengutip dari Arabnews, Minggu (31/5/2020), jamaah masjid telah diperintahkan mengikuti panduan ketat untuk mencegah persebaran virus corona. Pemerintah telah meminta jamaah menjaga jarak 2 meter di antara shaf salat, mengenakan masker, dan membawa sajadah sendiri.

Masjid juga sudah dibersihkan dan disterilkan oleh otoritas setempat, termasuk kitab-kitab suci Alquran dan sebagainya.

Antisipasi juga diterapkan dengan membuka pintu dan jendela masjid hanya selama waktu salat. Masjid akan dibuka 15 menit sebelum salat dan ditutup 10 menit setelah salat.

Sementara pada salat Jumat pertama lalu, masjid dibuka 20 menit sebelumnya dan ditutup 20 menit setelahnya. Khotbah Salat Jumat juga diimbau tidak lebih dari 15 menit.

Langkah-langkah ini diberlakukan Arab Saudi dan negara lain di dunia mulai melonggarkan pembatasan setelah jam malam dan lockdown selama berminggu-minggu.

Sebelumnya, Minggu 31 Mei 2020, Masjid Al Aqsa di Yerusalem juga kembali dibuka usai ditutup sejak pertengahan Maret lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.