Islam agama yang inspiratif. Ajaran-ajarannya selalu menginspirasi banyak orang baik untuk orang Islam maupun non muslim. Terbukti dengan banyaknya pemeluk Islam dari kalangan ulama’ Yahudi seperti Abdullah bin salam.

Abdullah bin Salam lahir di Madinah pada tahun 550 M. Imam Adzahabi dalam kitab As Siyar menjelaskan bahwa Abdullah bin Salam dikenal sebagai seorang imam dan mendalam ilmunya bahkan termasuk orang yang dijanjikan masuk surga. Ia juga dikenal sebagai salah satu sahabat yang mendapatkannya kedudukan khusus di sisi Nabi Muhammad.

Kisah Islamnya Abdullah bin Salam

Dalam kitab Tarikh Dimasyqi menjelaskan dari riwayat Anas bahwasanya Abdullah bin Salam mendatangi Nabi Muhammad saat awal-awal di Madinah dan bertanya;

Wahai Rasulullah, aku hendak bertanya kepada engkau tentang tiga hal yang hanya diketahui oleh para Nabi saja. Lantas Nabi menjawab:

“Silahkan bertanya!”

Lantas Abdullah bin Salam mengajukan pertanyaan-pertanyaannya.

“Apa tanda pertama munculnya hari kiamat?Apa yang pertama kali dimakan oleh penghuni surga?dan dari mana seorang anak dikatakan mirip dengan orangtuanya?

Kemudian Nabi menjawab: “Barusan Malaikat Jibril telah mengajarkan kepadaku tentang jawaban dari pertanyaan yang kau ajukan.

Malaikat Jibril berkata: “Itu musuh orang Yahudi dari kalangan Malaikat.

Lantas Nabi menjelaskan. Tanda pertama akan datangnya hari kiamat yaitu saat muncul api dari timur. Kemudian seluruh manusia dikumpulkan ke barat.

Adapun makanan yang pertama dikonsumsi oleh penghuni surga yaitu hati ikan.

Adapun seorang anak akan mirip salah satu orang tuanya manakala air sperma suami lebih dulu keluar daripada sel telur istri maka anak akan mirip ayahnya. Dan apabila sel telur istri keluar lebih dulu daripada sperma suami maka anak akan mirip ibunya.

Mendengar jawaban tersebut, Abdullah bin Salam lantas mengucapkan kalimat syahadat.

Keistimewaan Abdullah bin Salam

Abdullah bin Salam merupakan salah satu orang yang mendapatkan keistimewaan mendapatkan dua pahala dikarenakan ahli kitab yang beriman kepada Nabi mereka dan beriman kepada Nabi Muhammad.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Sahabat Abu Musa Al Asy’ari

ثَلَاثَةٌ لهمْ أجْرَانِ: رَجُلٌ مِن أهْلِ الكِتَابِ، آمَنَ بنَبِيِّهِ وآمَنَ بمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، والعَبْدُ المَمْلُوكُ إذَا أدَّى حَقَّ اللَّهِ وحَقَّ مَوَالِيهِ، ورَجُلٌ كَانَتْ عِنْدَهُ أمَةٌ فأدَّبَهَا فأحْسَنَ تَأْدِيبَهَا، وعَلَّمَهَا فأحْسَنَ تَعْلِيمَهَا، ثُمَّ أعْتَقَهَا فَتَزَوَّجَهَا فَلَهُ أجْرَانِ. رواه البخاري

Artinya: Ada tiga golongan yang mendapatkan pahala dua kali lipat. Pertama, seorang ahli kitab yang beriman kepada Nabinya juga beriman kepada Nabi Muhammad. Kedua, hamba sahaya yang menunaikan kewajiban yang berkaitan dengan Tuhannya dan kepada majikannya. Ketiga,
orang yang memiliki budak perempuan, kemudian diberikan pendidikan yang baik serta mengajarkan Budi pekerti yang baik lalu dimerdekakan dan dinikahi maka ia akan mendapatkan pahala dua kali lipat. (HR. Bukhari).

Abdullah bin Salam dikenal sebagai sahabat yang alim dalam bidang agama. Ia meninggal pada tahun 43 H. dan dimakamkan di kota Madinah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.