george rudy
george rudy

Aktor Laga Ini Ternyata Diislamkan Buya Hamka

Jakarta – Siapa yang tak kenal dengan George Rudy, terutama generasi 70-90-an. Ia dikenal sebagai aktor laga kelas wahid di Indonesia seangkatan dengan Barry Prima dan Advent Bangun.

Selain dikenal aktor laga, pria kelahiran Jember ini ternyata juga seorang mualaf. Bahkan George Rudy diislam oleh salah satu ulama besar Indonesia, Buya Hamka.

Hal itu terungkap dalam pernyataan George Rudy yang ditayangkan di akun youtubenya, George Rudy Official, dengan judul Perjalanan Menjadi Seorang Mualaf. Kisahnya mendapat hidayah dimulai saat dia menjalani syuting film Dua Jagoan pada 1977. Di mana, pada salah satu adegan, dia diharusnya melakukan adegan salat.

Dia kemudian memberitahu sutradaranya saat itu, Fritz G Schadt, bahwa dia adalah seorang non Muslim. “Gak apa-apa,” dijawab oleh sutradara sebagaimana ditirukan oleh George.

Saat adegan salat itulah, terutama di bagian salam, George mendapatkan petunjuk. “Saat adegan terakhir mengucapkan salam ke kiri dan kanan, saya pribadi merasakan naluri ini jalan hidup saya, saya mendapatkan hidayah dari Allah,” kata George.

Namun, peristiwa adegan salat itu tak lantas langsung membuatnya masuk Islam. Pada tahun 1980, George kembali tertarik mempelajari Islam. Dia tertarik dengan wudhu. Di mana, orang Islam untuk menghadap Tuhan, harus membersihkan diri dulu secara jasmani. Kemudian, dia mempelari terus tentang Islam. Termasuk, mempelajari membaca Alquran.

Setahun kemudian, pada 1981 tepatnya bulan Maret George mantap memilih masuk  Islam. “Dan, Alhamdulillah yang mengislamkan saya adalah tokoh yang saya hormati, Buya Hamka,” tukas George.

Pada saat itu, Buya Hamka menanyakan kepada George apakah benar-benar ingin masuk Islam. Dan, secara tegas George mengiyakannya.

“Dan, pada saat itulah saya mengucapkan dua kalimat syahadat,” kata George dikutip dari laman Republika.co.id.

Baca Juga:  Perangi Islamofobia di Sekolah, Pemprov Ontario Sumbang Organisasi Muslim 300 Ribu Dolar AS

George mengatakan, dia merasakan suatu kebanggaan. Karena, dia dicium dan dipeluk oleh Buya Hamka. “Saya merasakan satu kebangaan yang tidak akan terlupakan dalam hidup saya,” kata George.

Buya Hamka kemudian menyuruhnya untuk membaca Alquran. Dan bacaan pertama yang disuruh adalah Surat Al Ikhlas. Namun, George masih belum bisa membacanya. Dan, Buya Hamka menyuruh George mempelajarinya. Setelah masuk Islam, Buya Hamka kemudian memberikannya nama Islam. Yaitu, Abdul Hadi. Artinya, orang yang diberikan petunjuk.

“Alhamdulillah, sampai sekarang nama saya George Rudy Abdul Hadi,” kata George.

Buya Hamka kemudian memberikannya piagam bahwa George telah menjadi seorang Islam. “Dan, alhamdulillah sampai sekarang saya tetap menjadi seorang Muslim,” kata George.

Belum lama ini, George pernah mengikuti sebuah talk show. Dan, pembawa acaranya menanyakan kepada George, kenapa di usianya yang sudah di atas 60 tahun, tapi wajahnya masih tetap terlihat muda.

“Saya menjawab, bahwa ini berkat air wudhu. Air wudhu adalah petunjuk Allah untuk membersihkan pribadi saya. Sebelum saya bermunajat sama Allah, saya harus bersuci dulu,” tandas George Rudy.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …