Penjara Arab Saudi
Penjara Arab Saudi

Arab Saudi Eksekusi 81 Orang Terpidana Terorisme ISIS, Al-Qaeda, dan Houthi

Riyadh – Arab Saudi dikenal sangat tegas dengan para pelaku terorisme. Hukuman mati adalah ganjaran bagi siapa saja yang terlibat dalam aksi terorisme. Tak salah bila eksekusi mati adalah hal yang biasa dalam hukum di Arab Saudi.

Beberapa hari lalu, Arab Saudi memecahkan rekor pelaksanaan eksekusi hukuman mati bagi terpidana terorisme. Sebanyak 81 terpidana mati terorisme dieksekusi dalam sehari. Jumlah ini lebih tinggi ketimbang total eksekusi mati yang dilakukan otoritas Arab Saudi pada 2021 (67 eksekusi) dan 2020 (27 eksekusi).

Seluruh terpidana yang dihukum mati berjenis kelamin laki-laki. Selain asli Arab Saudi, ada pula yang berasal dari Yaman dan Suriah.

Kementerian Hukum Arab Saudi menyebut terpidana yang dieksekusi merupakan bagian dari kelompok-kelompok teroris.

“Orang-orang ini, dengan total 81 orang, dihukum karena berbagai kejahatan termasuk membunuh pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah,” bunyi pernyataan otoritas Arab Saudi dilansir Reuters, Minggu (13/3/2022).

“Kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang ini juga termasuk berjanji setia kepada organisasi teroris asing, seperti ISIS, al-Qaeda dan Houthi,” tambahnya.

Namun otoritas Arab Saudi tidak menjelaskan bagaimana eksekusi dilakukan. Kelompok hak asasi manusia mengkritik Arab Saudi yang masih menggunakan hukuman mati, termasuk kepada terpidana yang masih di bawah umur.

“Ada terpidana mati warga Saudi, dan yang lainnya ditangkap sebagai anak-anak atau didakwa dengan kejahatan tanpa kekerasan,” ujar wakil direktur badan amal anti hukuman mati Reprieve, Soraya Bauwens dalam sebuah pernyataan.

“Kami prihatin dengan setiap orang yang mengikuti tindakan impunitas brutal ini,” tambahnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Komitmen Kuat Mesir Perangi Ikhwanul Muslimin

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …