berdiri dalam shalat

Beratkah Shalat Lima Waktumu? Ini Solusinya!

Sebagian muslim mungkin masih menganggap shalat wajib lima waktu sebagai sesuatu yang berat. Bahkan seringkali dikerjakan dengan sekenanya saja; yang penting bisa menggugurkan kewajiban shalat. Sebab, mereka hanya tahu sebuah hadis yang sering disampaikan oleh para pemuka agama, bahwa pertama kali amal seseorang yang dihisab oleh Allah kelak di akhirat adalah shalat. Apabila shalatnya itu bagus, maka baguslah amalan yang lain. Namun apabila buruk (shalatnya), maka buruk pula amalan yang lain (HR. Thabrani).

Barangkali pengetahuan agamanya belum mendalam, maka shalat lima waktu masih dijadikan sebagai sebuah kewajiban saja, sehingga dalam pelaksanaannya, sekali lagi, akan terasa menjadi suatu beban yang berat. Untuk itu, marilah sejenak kita selami samudra keistimewaan shalat lima waktu. Langkah ini tentunya dimaksudkan untuk memberikan solusi kepada orang Islam yang masih merasa berat dalam menjalankan ibadah, terutama shalat lima waktu.

Menemukan Solusi dengan Shalat

Allah SWT dalam banyak ayat, misalnya al-Baqarah ayat 153 berfirman: “ Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Lebih lanjut lagi, dalam sebuah hadis disampaikan: “Rasulullah bila menghadapi suatu dilema (suatu yang sukar dan membingungkan), maka beliau shalat.” (HR. Ahmad). Dalam kesempatan lain, Rasulullah bersabda: “Saat terdekat bagi seseorang hamba kepada Rabb-Nya adalah pada saat ia bersujud.” (HR. Muslim).

Begitulah Allah dan Rasulullah memberi petunjuk bagi orang Islam, agar ketika mengalami masalah, tidak lari ke dukun-dukun atau tempat anker dan sejenisnya, melainkan segera menyingsingkan tangan untuk mengambil wudlu untuk kemudian mengerjakan shalat. Jika shalat sudah dijadikan untuk menemukan solusi hidup, maka shalat pun akan terasa ringan dan khidmat.

Baca Juga:  Amalan dan Keutamaan Hari Tarwiyah dan Arafah

Mengangkat Derajat dan Menghapus Kesalahan

Inilah yang jarang dipahami oleh orang Islam. Jika semua orang Islam mengetahui dan mengamalkannya, maka tidak akan ada lagi kata-kata bahwa shalat itu berat. Mengapa demikian? Ya. Karena shalat (lima waktu) itu bisa mengangkat derajat dan menghapus kesalahan. Hal ini sebagaimana disampaikan Rasulullah.

Ma’dan bin Thalhah berkata: “ Aku pernah menemui Tsauban, budak yang dimerdekakan Rasulullah SAW., lalu kutanyakan, ‘ katakanlah kepadaku tentang perbuatan yang dapat kulakukan, yang dengannya Allah dapat memasukkan aku ke surga.’ Atau ia bertanya, ‘ tentang perbuatan yang dicintai oleh Allah.’ Kemudian ia (Tsauban) diam. Lalu kutanyakan lagi dan ia tetap diam. Kutanyakan untuk ketiga kali, baru kemudian ia menjawab; ‘Aku pernah bertanya kepada Rasulullah tentang hal itu. Beliau menjawab; ‘ hendaknya kamu memperbanyak sujud, karena tidaklah kamu bersujud sekali sujud kepada Allah, melainkan Allah mengangkat derajatmu dan menghapuskan kesalahanmu.” Ma’dan berkata: “Kemudian aku datangi Abu Darda’ dan kutanyakan kepadanya. Ia menjawab seperti jawaban Tsauban kepadaku.” (HR. Muslim, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Didoakan Malaikat Agar Mendapatkan Rahmat

Jika segenap muslim merenungi sabda Rasulullah, maka akan menemukan samudera kemuliaan hidup dan semangat dalam menjalani segala perintah Allah. Termasuk menjalankan shalat lima waktu. Apalagi jika dikerjakan dengan jamaah.

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “ Shalat seseorang dengan berjamaah itu dilipatkan dua puluh lima kali lipat atas shalat sendiri yang dikerjakan di rumah. .. ketika seseorang keluar menuju Masjid dengan niat shalat jamaah, maka setiap kali ia melangkah, derajatnya dinaikkan dan kesalahan (dosa) nya diturunkan. Lalu, ketika ia melakukan shalat, maka Malaikat senantiasa memohonkan apun dan rahmat untuknya, selama ia masih tetap berada di tempat shalatnya dan tidak berhadas. .. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Hakikat Ilmu untuk Mencapai pada Yang Hakikat

Siapakah yang tak gemetar hatinya membaca sabda Nabi di atas? Itulah sebabnya, orang-orang shaleh selalu giat mengerjakan shalat lima waktu dan ibadah lainnya dengan riang dan penuh semangat. Karena mereka paham betul akan keutamaan dan apa yang akan didapat sungguh sangat luar biasa.

Jika shalatmu, terutama lima waktu, masih terasa berat, cobalah baca keutamaan sebagaimana di jelaskan di atas dengan hati yang bersih, niscaya rasa yang berat itu berubah menjadi ringan.

Bagikan Artikel ini:

About Muhammad Najib, S.Th.I., M.Ag

Avatar of Muhammad Najib, S.Th.I., M.Ag
Penulis Buku Konsep Khilafah dalam Alquran Perspektif Ahmadiyah dan Hizb Tahrir

Check Also

annisa pohan

Annisa Pohan Salah Kutip Ayat Alquran, Yuk Simak Maksud Ayat “Fitnah Itu Lebih Sadis dari Pembunuhan” Agar Tidak Gagal Paham!

Istri Agus Harimurti Yudhoyoni (AHY), Annisa Pohan tengah menjadi sorotan publik karena salah mengutip ayat …

waktu kurban

Berkurban atau Bayar Hutang, Mana yang Harus Didahulukan?

Berkurban menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan saat Idul Adha tiba dan merupakan amalan …