jamaah antri melakukan tawaf di kala musim haji
jamaah antri melakukan tawaf di kala musim haji

Beruntungnya 327 WNI Yang Ikut Ibadah Haji 2021

JAKARTA – Pelaksanaan ibadah haji tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid- 19, oleh karena itulah pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan yang tidak jauh berbeda dengan ibadah haji tahun sebelumnya. Yaitu ibadah haji tetap dilaksanakan dengan hanya diikuti oleh warga setempat dan para ekspatriat yang berada disekitar wilayah Arab Saudi.

Ibadah haji tahun ini terdapat sebanyak 327 jamaah asal Indonesia yang beruntung dapat melaksanakan ibadah haji. WNI yang ikut berhaji yang telah menetap dan mendaftar sebagai calon jamaah.

“Saat ini sudah terdata 327 WNI yang menjadi jamaah haji tahun ini. Mereka adalah WNI yang selama ini sudah menetap di Arab Saudi dan ikut mendaftar sebagai calon jamaah sesuai prosedur yang diberlakukan Saudi,” kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari laman republika.co.id Jumat (16/7).

Menag Yaqut Cholil Qoumas berjalan saat akan mengikuti raker dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat yang membahas perkembangan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tersebut akan dilakukan secara tertutup.

Endang menjelaskan jamaah yang sudah terdata tersebut terdiri atas unsur diplomat, yaitu dari KBRI dan KJRI, Pekerja Migran Indonesia (PMI), serta mahasiswa Indonesia dan sejumlah WNI lainnya yang sudah lama menetap di Saudi. “Proses pendataan WNI yang berhaji tahun ini masih dilakukan. Data kita akan terus berkembang. Mungkin baru final saat wukuf di Arafah atau menginap di Mina. Jadi masih memungkinkan untuk terus bertambah,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi melarang jamaah dari negara lain untuk melaksanakan ibadah haji pada musim haji 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. Tahun ini, Arab Saudi mulai menggelar penyelenggaraan ibadah haji 1442 H pada Sabtu, 17 Juli 2021 dengan kuota haji dibatasi hanya 60 ribu jamaah.

Baca Juga:  Indonesia Tak Berangkatkan Haji, MUI: Keselamatan Jiwa Lebih Utama

Kuota dikhususkan bagi warga Saudi dan ekspatriat yang sudah menetap di sana. Mereka dipilih dari lebih dari 500 ribu calon jamaah yang mendaftar. Kementerian Haji Arab Saudi menyatakan hanya orang-orang berusia antara 18 dan 65 tahun yang telah divaksinasi dan bebas dari penyakit kronis yang dapat melaksanakan ibadah haji. Vaksin yang disetujui untuk jamaah haji adalah Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Johnson & Johnson.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Jamaah umroh dari INdonesia

Konjen Arab Saudi Tegaskan Umroh Belum Dibuka untuk Jamaah Indonesia

Jakarta – Konsul Jenderal (Konjen) Arab Saudi Abdullah Muqed Al Mutiry menegaskan bahwa umroh belum …

penopang keunggulan al azhar mesir

Fatwa Al Azhar Izinkan Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia Dalam Kondisi Tertentu

KAIRO – Kemajuan dunia medis telah membuat sejumlah penemuan luar biasa dalam bidang pengobatan untuk …