Haji di tengah pandemi Covid 19
Haji di tengah pandemi Covid 19

Bila Arab Saudi Gelar Haji Normal, Seluruh Calon Haji Indonesia akan Divaksinasi Covid-19

Surabaya – Kementerian Agama (Kemenag) masih menunggu keputusan pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji. Persiapan matang pun telah dilakukan bila Arab Saudi segera mengeluarkan keputusan menggelar ibadah haji 2021 secara normal di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum sepenuhnya reda.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan semua calon haji akan menjalani suntikan vaksin Covid-19 jika pelaksanaannya dibuka oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tahun ini.

“Kami sudah bicara dan bersurat kepada Menteri Kesehatan dan insyaallah semua jamaah calon haji yang akan berangkat dipastikan sudah divaksin,” ujarnya di sela kunjungan dinasnya di Surabaya, Jumat (26/3/2021).

Menag memastikan semua calon haji, bukan hanya kategori lanjut usia (lansia), yang akan menerima vaksin Covid-19.Dia mengungkapkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mensyaratkan siapapun yang masuk ke negaranya harus sudah divaksin.

“Vaksinasi dilakukan secepatnya. Target pada akhir Mei 2021 semua jamaah calon haji sudah divaksin,” ucap dia.

Menag Yaqut menegaskan vaksinasi untuk calon haji diberikan secara gratis sehingga pihaknya segera membahasdengan DPR RI agar pembiayaan tidak diberatkan.

“Kami belum berhitung dengan DPR. Itukan (soal pembiayaan, red.) harus berhitung dengan DPR, apakah ditambah atau tidak. Kalau toh ditambah, kami punya dana manfaat yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH),” katanya.

Yaqut mengatakan pentingnya vaksinasi itu tidak memberatkan calon haji, terlebih terkait dengan pembiayaan.

“Jadi sebenarnya mekanisme semua bisa diatur supaya jamaah calon haji tidak terberatkan. Tunggu waktu saja bicara dengan DPR. Pemerintah tidak ingin jamaah diberatkan karena situasi pandemi sekarang sudah berat,” tutur Yaqut.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

TGB Zainul Majdi

Agama Paling Sering Didzalimi Jelang Kontestasi Politik

Surabaya – Mahasiswa dan generasi muda diminta untuk menjaga toleransi dan tidak termakan isu agama …

KH Abun Bunyamin

Gagasan Sesat Fikir, Khilafah Hanya Cara Adu Domba Untuk Tujuan Politik

Purwakarta – Kelompok pengusung ideologi khilafah selalu memanfaatkan momentum untuk dan melancarkan propagandanya. Bahkan, kondisi …