WNI Jamaah Tablih dipulangkan dari India
WNI Jamaah Tablih dipulangkan dari India

Akhirnya Kemlu Berhasil Pulangkan Seluruh WNI Jamaah Tabligh dari India

Jakarta – Keberadaan Warga Negara Indonesia (WNI) anggota Jamaah Tabligh (JT) yang terlunta-lunta di India akhirnya berhasil dipulangkan oleh Kementerian Luar Negeri. Kloter terakhir yang dipulangkan ini berjumlah 16 orang, Jumat (26/3/2021).

“Mereka tiba dengan selamat di Jakarta pada 26 Maret 2021 menggunakan penerbangan Garuda Indonesia,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Kemlu, Judha Nugraha dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/3/2021).

Pemerintah melakukan tes PCR kepada seluruh anggota jamaah Tabligh dan karantina selama 5 hari, sebagaimana protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Judha mengatakan, pemulangan ini merupakan gelombang terakhir dari penanganan 751 WNI anggota JT yang telah dilakukan oleh Kemlu sejak 2020. Menurutnya, ada satu orang jamaah tabligh yang meninggal di India karena sakit dan 2 orang memutuskan melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi karena memiliki Iqomah atau izin tinggal di Arab Saudi.

Sejak awal pandemi Covid-19 pada 2020, 751 WNI anggota JT tertahan kepulangannya dan mengalami permasalahan hukum. Kemlu RI, KBRI New Delhi dan KJRI Mumbai secara intensif terus memberikan pelindungan berupa akses kekonsuleran, pendampingan hukum, pemberian bantuan logistik, sheltering, serta berbagai pendekatan diplomatik kepada otoritas terkait di India.

“Dengan dipulangkannya 16 anggota JT WNI, maka saat ini sudah tidak terdapat lagi anggota JT WNI yang masih tertahan dan bermasalah hukum di India,” terang Judha.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Seorang Muslim Berjenggot Diculik dan Dipotong Jenggotnya di India

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dr KH Adnan Anwar

Membangun Kebanggaan Nasional untuk Lawan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Jakarta – Semangat nasionalisme pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menandakan rumusan identitas kebangsaan yang tidak …

uas ditolak masuk singapura berikut hal yang diketahui sejauh ini

Ormas Perisai Pendukung UAS Demo Kedubes Singapura Siang Ini

Jakarta – Penolakan Pemerintah Singapura terhadap Ustadz Abdul Somad (UAS) yang hendak memasuki wilayah Singapura …