Buya Yahya
Buya Yahya

Buya Yahya: Baha’i Bukan Islam, Tapi Agama Baru

Jakarta – Pendapat tokoh atau ulama terkait keberadaan agama Baha’i masih menggelinding pasca ucapan selamat Hari Raya oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qumas kepada umat Baha’i.

Terkini, Pimpinan Pondok Pesantren Al Bahjah, Cirebon, KH  Yahya Zainal Ma’arif atau Buya Yahya.  Menurut Buya Yahya, agama tersebut bukan berasal dari Islam.

“Aagama baha’i, agama Baha’i bukan islam. Mereka menganggap sebagai agama baru, yang dibawa oleh pendirinya Ali, panggilannya Bapak atau Baba kemudian dilanjutkan oleh Mirza Husain Ali atau siapa, meninggal sebelum tahun 1900, meninggal pada 1892, dia menobatkan sebagai mendapatkan wahyu, bahkan ada menyatakan derajat ketuhanan dan sebagainya,” kata Buya lewat akun Youtube Al- Bahjah TV, pada Minggu (8/8/2021).

Terlepas dari kontroversi itu, agama Baha’i ternyata sudah lama masuk ke Indonesia. Baha’i dibawa ke Indonesia saat masih jaman Belanda. Saat ini, komunitas Baha’i tersebar di beberapa daerah.

Sepakat dengan ajakan Wakil Menteri Agama (Wamenag), Buya Yahya sepakat untuk menghentikan kontroversi soal Baha’i. Pasalnya, Baha’i memang bukan Islam.

“Memang bukan dari islam. Bahai bukan dari islam selesai,” ungkap Buya.

Dari berbagai sumber, Baha’i pecahan dari syiah. Namun, ungkap Buya Yahya, syiah sendiri juga menolak model semacam itu.

“Di Iran sendiri juga ditolak. Kemudian juga ditolak dimana-mana. Kadang membawa islam, bahkan dia ingin menganggap semua agama digabungkan diambil dari agama yang lain. Bahkan dia sebagai agama baru. Intinya dia adalah bukan bagian dari agama islam,” tukas Buya Yahya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Masyarakat Dukung Polres Bogor Tak Izinkan Forum Khilafah di Az-Zikra

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …