Muslim Kanada
Muslim Kanada

Pemerintah Kanada Selidiki Laporan Ketidakadilan Pajak Umat Muslim dan Badan Amal Muslim

Ottawa –Umat Muslim dan Badan Amal Muslim mengeluhkan adanya audit pajak yang tidak adil. Kondisi ini langsung disikapi oleh Pemerintah Kanada.

Melalui ombudsman wajib pajak Badan Pendapatan Negara Kanada (CRA) telah meluncurkan penyelidikan terkait masalah itu. Petugas CRA, Francois Boileau, mengatakan dia akan membahas masalah ini yang dilaporkan badan amal Muslim dan badan amal lain.

“Sebelum kami mengambil tindakan, kami perlu meluangkan waktu untuk mendengarkan dan memperdalam pengetahuan kami tentang masalah ini,” kata Boileau dalam rilisnya, Minggu (8/8/2021).

Ombudsman wajib pajak berencana akan meminta badan amal tersebut menceritakan masalah itu kepada CRA dalam upaya untuk memerangi diskriminasi. Diharapkan pihaknya akan memberikan kabar terbaru kepada Menteri Pendapatan Nasional Diane Lebouhillier pada 1 Januari 2022.

Dikutip Daily Sabah, Senin (9/8/2021), Koordinator Nasional Kelompok Pemantau Kebebasan Sipil Internasional, Tim McSorley  mengatakan perlakuan terhadap badan amal Muslim adalah hal biasa di antara lembaga pemerintah lainnya. Namun, perlakuan CRA dinilai memiliki implikasi karena berdampak pada cara badan tersebut mengaudit kelompok minoritas.

“Kami telah menawarkan untuk membahas penelitian kami dan memberikan dukungan apa pun yang diperlukan kepada Kantor Ombudsman Wajib Pajak untuk meninjau masalah ini. Kami berharap dapat melihat hasilnya,” kata McSorley.

Dia menyebut tinjauan harus dilakukan secara transparan dan CRA harus mendapatkan akses ke dokumen dan informasi yang diperlukan. Selain itu, dia juga menekanka agar tinjauan harus dilakukan secara menyeluruh, termasuk pengawasan sektor, proses seleksi untuk audit, cara audit dilakukan, cara sanksi ditentukan, dan cara CRA khususnya Divisi Tinjauan dan Analisis bekerja dengan pihak lain.

Dia menyoroti pentingnya bagi Boileau untuk meninjau implikasi dari kebijakan anti-terorisme dan anti-radikalisasi negara dalam hal perlakuan CRA terhadap organisasi Muslim.

Baca Juga:  Muslim Kanada Berjuang Hadapai Islamofobia Sejak 9/11

“Satu perhatian utama kami adalah perintah ombudsman mungkin terlalu sempit untuk memeriksa sistem ini secara keseluruhan,” ujar dia.

Bulan lalu, hampir 100 organisasi non-pemerintah (LSM) Muslim mengirim surat kepada Perdana Menteri Justin Trudeau, mendesaknya untuk mereformasi praktik CRA dan membatalkan keputusan badan tersebut untuk menangguhkan kemampuan badan amal Muslim yang mapan untuk mengeluarkan penerimaan pajak.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …