Ikhtiyar Mencegah Virus Corona dan Doa yang Dianjurkan

0
1740
doa virus corona

Penyebaran virus corona telah mengkhawatirkan termasuk masyarakat Indonesia. Selain upaya pencegahan, berdoa juga sangat dianjurkan.


Kesehatan sangat lekat dengan tata cara hidup dan pola hidup sehat serta menjaga kebersihan. Selain itu, sebagai umat muslim berdoa juga salah satu cara untuk meminta perlindungan kepada Allah.

Melandanya virus yang sedang menyebar di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia membuat banyak masyarakat merasa khawatir dan bahkan panik. Kehadiran Covid-19 ini seolah menjadi hantu dan ancaman. Masyarakat seolah tertekan apalagi korban yang sudah terkena.

Meski berbagai upaya sudah dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi virus ini. Namun, masyarakat tetap harus waspada dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Sekarang masyarakat perlu mengetahui bagaimana cara penyebaran virus corona tersebut. Virus corona dapat menyebar lewat tetesan kecil hasil dari bersin orang yang terjangkit virus. Semenatra kepada orang yang sehat melalui mata, hidung dan mulut.

Oleh karenanya, masyarakat juga mestinya tahu bagaimana cara menanggulangi virus corona tersebut dengan cara:

1. Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun

2. Menutup hidung dan mulut ketika bersin

3. Menggunakan masker di tempat keramaian dan hindari kontak dengan orang suspect corona

3. Konsumsi makanan sehat dan perbanyak kosumsi air putih

4. Berdoa agar kita selalu terlindungi dari bahaya penyebaran virus tersebut

Ada berbagai macam doa untuk terlindungi dari penyakit menular yang bisa dipanjatkan. Salah satunya adalah doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW berikut ini. Dari Anas RA Rasulullah berdoa:

وَعَنْ أَنَسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَقُوْلُ : (( اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ )) . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit yang jelek lainnya.” (HR. Abu Daud, no. 1554; Ahmad, 3: 192).