Virus corona yang dilaporkan pertama kali muncul di Wuhan, Cina pada 31 Desember 2019 kini telah mengancam berbagai negara-negara. Virus ini dilaporkan adalah bagian dari virus penyebab flu hingga penyakit yang mematikan.

Pemerintah Cina pada Senin (21/1/2020) melaporkan lonjakan tajam kasus akibat virus ini. Virus ini pun telah dilaporkan telah menyebar ke dua kota di Cina dan negara lain.

Sementara korban meninggal dunia akibat imbas dari virus corona terus bertambah. Korban hingga saat ini dilaporkan mencapai 56 orang. Pemerintah Cina telah menetapkan kondisi darurat dan membatasi semua perjalanan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan beberapa panduan untuk mencegah dan menghindari penyebaran virus corona. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghindari virus corona:

1. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku bersih dari kuman.
2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
4. Gunakan masker (sumber ccnindonesia.com).

Selain usaha, tentu saja doa adalah cara yang juga ampuh dalam melindungi dari berbagai penyakit. Doa adalah senjata umat Islam.

Sebagaimana diriwayatkan dalam ash-Sbabihain (Shahib al- Bukbari dm Shabih Muslim), dikutip dari kitab al-adzkar dari ‘Aisyah RA, , bahwa Nabi Saw selalu memohon perlindungan untuk beberapa orang keluarganya. Beliau mengusapkan tangan kanannya seraya, mengucapkan:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Ya Allah, Rabb ummat manusia, singkirkanlah semua penyakit. Engkau Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan (dari)-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit pun”.  (HR Bukhori-Muslim).

Doa lain yang diajarkan oleh Rasulullah sebagaimana diriwayatkan dalam kitab Abu Dawud dan an-Nasai dengan sanad shahih, dari Anas bahwa Nabi bersabada:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Ya, Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, kusta dan segala penyakit yang buruk lainnya.