Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal

Covid-19 di Jakarta Mulai Landai, Masjid Istiqlal Kembali Dibuka Untuk Salat Jumat

Jakarta – Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan khususnya di Jakarta terus menunjukkan hasil signifikan. Dari kondisi zona merah bulan lalu, kini sudah banyak wilayah yang sudah bergeser ke zona oranye, bahkan zone hijau. Salah satunya di ibukota Jakarta yang kondisi penyebaran Covid-19 sudah landai dan terus bergeser dari zona merah.

Kondisi itulah yang menjadi dasar Masjid Istiqlal kembali akan dibuka untuk salat Jumat pada 20 Agustus 2021 besok. Tentunya, salat Jumat itu digelar dengan protokol kesehatan ketat dan jamaah harus sudah vaksin dengan kapasitas 25 persen.

Wakil Kepala Bagian Humas Istiqlal, Amaq Dalilah Saparwadi, mengatakan meski salat Jumat mulai dibuka untuk umum, namun masih terbatas dan tetap dengan pemberlakuan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Aturannya masih mengacu yang 25 persen (kapasitas),” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/8/2021).

Pengelola Istiqlal juga mewajibkan jamaah yang hadir untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi kepada para petugas sebelum memasuki kawasan Masjid Istiqlal.

“Syarat sudah divaksin menjadi syarat boleh beribadah di Masjid istiqlal. Jamaah cukup menunjukkan ke petugas pintu gerbang Istiqlal,” katanya.

Pemerintah telah mengizinkan kegiatan peribadatan sejak perpanjangan kedua PPKM Level 4. Meski tempat ibadah mulai diperbolehkan buka untuk melaksanakan kegiatan ibadah, Masjid Istiqlal tidak bisa serta merta melaksanakan kegiatan salat Jumat untuk umum karena ada persiapan yang perlu dilakukan, termasuk perlunya transisi waktu untuk menyiapkan protokol kesehatan.

Sebetulnya, untuk persiapan sudah ada, sebab Masjid Istiqlal sebelumnya sempat melaksanakan salat tarawih berjamaah untuk umum meskipun Jakarta tengah menerapkan PPKM.

Terkait PPKM, Gubernur Anies Baswedan telah menerbitkan Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 987 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 yang dit eken pada 16 Agustus 2021.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  UN Women Indonesia Siap Promosikan Toleransi Via Medsos

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …