Tes Rapid Antigen di Bandara Supadio Pontianak
Tes Rapid Antigen di Bandara Supadio Pontianak

Di Kalbar, 46 Santri Yang Baru Pulang dari Pondok Positif Covid-19

Pontianak – Sebanyak 46 santri asal Kalimantan Barat (Kalbar) yang baru pulang dari Pondok Pesantren (Ponpes) di beberapa daerah, terkonfirmasi positif Covid-19. Fakta itu membuat Dinas Kesehatan Kalbar kembali memberlakukan penerapan hasil PCR negatif bagi santri yang akan kembali melalui jalur udara.

“Untuk santri yang sudah kembali ke Kalbar sejak 28 Maret sampai 28 April 2021 yang melalui jalur udara. Kita melakukan tes PCR secara acak di Bandara Supadio, mereka pulang dalam rangka puasa dan lebaran,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson di Pontianak, Jumat (30/4/2021).

Dia menjelaskan sebelumnya Dinas Kesehatan Kalbar telah melonggarkan syarat masuk ke Kalbar untuk para santri. Santri dengan tes antigen negatif dari daerah tempat menimba ilmu di pesantren bisa pulang ke Kalbar.

“Namun, setelah melalui tes PCR di Supadio, hasilnya malah banyak yang positif sekitar 46 orang atau 5 persen dari sampel yang kami ambil acak sebanyak 963 orang, sehingga aturan untuk masuk ke Kalbar bagi santri agar tes PCR negatif,” katanya.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kalbar kembali mengubah kebijakan sehingga pelajar yang akan masuk ke Kalbar yang masuk melalui udara harus menunjukkan surat keterangan negatif uji usap PCR maksimal 3×24 jam sejak pengambilan sampel.

“Ini kita lakukan karena setelah diperiksa, nilai sampel santri yang negatif CT-nya rendah dan viral loadnya tinggi, sehingga ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang ada di sekitar mereka, jika mereka berkumpul bersama keluarganya,” tuturnya.

Untuk itu, masyarakat harus mengerti, pihaknya bukan memberatkan masyarakat yang akan datang atau pulang ke Kalbar, tetapi justru ingin melindungi masyarakat dan mencegah penyebaran Covid-19 lebih jauh di tengah masyarakat.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Imbas Corona, Masjid Al Aqsa Resmi Ditutup Sementara

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …