jalan kaki ke jumatan
jalan kaki ke jumatan

Dianjurkan Berjalan Kaki Ketika Hendak Shalat Jum’at

Teknologi mutakhir semakin memudahkan dan memanjakan seseorang. Contoh, alat transportasi sepeda motor dan mobil membuat seseorang malas untuk berjalan kaki sekalipun jarak yang akan ditempuh sangat dekat.

Termasuk ketika hendak shalat Jum’at. Pemandangan yang akrab kita jumpai para jamaah kebanyakan datang ke masjid untuk shalat Jum’at dengan mengendarai sepeda motor atau mobil, padahal jarak dari rumah ke masjid tidak terlalu jauh.

Memang tidak salah karena yang diwajibkan adalah datang ke masjid untuk shalat Jum’at. Tetapi, tentu kita harus berusaha melakukan amaliah di hari Jum’at yang memiliki keutamaan lebih. Tujuannya tidak lain supaya keutamaan di hari Jum’at dapat diperoleh.

Salah satu yang dianjurkan oleh Rasulullah pada hari Jum’at adalah berjalan kaki ketika hendak menunaikan shalat Jum’at ke Masjid.

Kata Nabi: “Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya di hari Jum’at, mandi, lalu bergegas untuk shalat Jum’at, menemui awal khutbah, berjalan kaki dan tidak memakai kendaraan, dekat dengan imam, mendengarkan khutbah dan bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun”. (HR. Turmudzi dan Hakim)

Hadits ini berisi anjuran untuk mandi (seperti mandi janabah) ketika hendak shalat Jum’at, memakai pakaian yang baik dan bersih, datang ke masjid sebelum khutbah dimulai, dekat dengan imam (ada di shaf pertama) dan berjalan kaki ke masjid.

Tentu ada hikmah dibalik anjuran tersebut, termasuk anjuran berjalan kaki. Maka, sebaiknya kita datang ke masjid untuk shalat Jum’at dengan berjalan kaki.

Kalau jarak tempuh dari rumah ke masjid lumayan jauh maka anjuran ini membuat kita akan berangkat lebih awal ke masjid dan disepanjang jalan bisa berdzikir atau membaca al Qur’an lebih banyak.

Baca Juga:  Waktu Dimakruhkan Mengucapkan Salam

Apalagi kalau jarak tempuh dari rumah ke masjid relatif dekat, tentu lebih baik berjalan kaki. Disamping itu, ditinjau dari aspek kesehatan berjalan tentu lebih baik dari memakai sepeda motor atau mobil.

 

 

Bagikan Artikel ini:

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

hilangnya Hajar Aswad

Kisah Hilangnya Hajar Aswad di Musim Haji

Pada tahun 317 H Abu Thahir Sulaiman, pemimpin gerakan Qaramithah, memberontak terhadap kepemimpinan Khilafah Dinasti …

bersetebuh dengan hewan

Kisah Ahli Ibadah Bersetubuh dengan Hewan

Beberapa hari yang lalu viral berita seorang laki-laki yang menikah dengan kambing. Prosesi pernikahan berlangsung …