Tio Pakusadewo
Tio Pakusadewo

Dibimbing Ali Imron di Rutan Polda, Tio Pakusadewo Bisa Mengaji dan Temukan Islam Lagi

Jakarta – Ada hikmah dibalik musibah. Itulah yang dirasakan aktor senior Tio Pakusadewo. Dua kali pria berusia 57 tahun ini harus berurusan dengan hukum akibat narkoba. Dua kali pula ia harus mendekam di balik jeruji besi.

Namun pengalaman pahit itu justru membawa hikmah bagi Tio. Pasalnya setelah puluhan tahun tidak pernah mengaji dan menyentuh Alquran, Tio justru mendapat kesempatan kembali menemukan jiwa religiusnya di dalam rumah tahanan (Rutan).

“Jadi waktu kecil itu saya sudah belajar mengaji, belajar membaca Alquran. Sekian puluh tahun, saya nggak pernah baca itu, dan saya lupalah ya. Ketika saya di Polda itu lalu datanglah seorang laki-laki membawakan saya Alquran,” ujar Tio Pakusadewo di studio Pagi-pagi Ambyar Trans TV, kawasan Mampang, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Ternyata pria yang ternyata membawa kitab suci itu adalah sosok Ali Imron. Ia merupakan napi terorisme bom Bali yang kini sudah tobat. Oleh Ali Imron, Tio Pakusadewo diminta untuk mengaji kembali. Tio kemudian diajarkan untuk mengaji dengan metode yang diberikan.

“Dia suruh saya baca, saya sudah lupa saya bilang, saya ajarin katanya. Dan laki-laki ini adalah Ali Imron yang bom Bali, teroris. Dia ajarin saya dengan metodenya,” katanya dikutip dari laman detikcom.

Hingga detik ini Tio Pakusadewo juga masih mengaji. Dia pun bersyukur karena saat ini mampu beribadah dengan baik.

“Sampai akhirnya saya sudah bisa baca Alquran lagi sampai hari ini alhamdulillah,” kata Tio.

Sementara itu, Tio Pakusadewo juga menganggap penjara adalah tanah haram. Di mana semua kesalahannya di kubur.

“Dan yang lebih buat saya penjara itu memang seperti tanah haram, seperti tanah seperti tempat yang suci sebetulnya di sanalah dimakamkan semua kesalahan, ya di situ,” ungkapnya.

Baca Juga:  Cegah Corona, Wanita Berhak Tendang Suami Dari Ranjang

Tio Pakusadewo juga merasa senang dan luar biasa karena saat dipenjara dapat melakukan salat lima waktu. Bahkan dia sempat menjalani tahajud belasan rakaat. “Saya mencoba salat lima waktu. Yang membuat saya lebih amazing buat saya, saya berhasil, saya mampu salat tahajud 12 rakaat beberapa malam berturut-turut, itu luar biasa,” pungkasnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah istri viral yang antar suami menikah lagi

Warganet Heboh, Viral Seorang Istri Antar Suami Menikah Lagi

Makassar – Poligami adalah sesuatu yang diperbolehkan dalam agama, meski demikian masih terdapat banyak perbedaan …

Pengeras suara di Masjid

DMI Koordinasi Dengan Kemenag Terkait Aturan Penggunaan Pengeras Suara Masjid

Jakarta – Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dalam upaya mengatur …