brunom acaes
brunom acaes

Islam Bagian Sejarah Eropa, Bukan Agama Asing dari Luar Eropa

Antalya – Selama ini banyak pejabat atau mantan pejabat negara-negara Eropa dan Amerika yang cenderung menyerang Islam dalam komentar-komentarnya. Bahkan tidak sedikit pejabat Eropa dan Amerika justru menjadi provokator Islamofobia.
Tetapi itu tidak berlaku buat mantan Menteri Luar Negeri untuk Urusan Eropa Portugal, Bruno Macaes. Politikus dan ilmuwan jebolan Harvard ini mengatakan mengatakan Islam adalah bagian dari sejarah dan budaya Eropa. Islam bukan agama asing dari luar Eropa.
Di balik sejarah kejayaan Eropa, Islam adalah bagian dari budaya Eropa. Di Balkan, Spanyol dan bagian Eropa lain, Muslim memiliki populasi besar,” kata Macaes di sela-sela Forum Diplomasi Antalya, Minggu, (20/6/2021).
Selain disebut bagian dari Eropa, Islam adalah agama yang membangun beberapa keragaman dan semangat di Eropa. Macaes menjelaskan, Islam telah hadir di tanah Eropa sejak abad ke-8 dan dianggap sebagai agama dengan pertumbuhan tercepat di Eropa. Banyak Muslim yang mendirikan peradaban di Spanyol yang beberapa saat kemudian berkembang ke arah tenggara Eropa.
Sejarah mencatat, banyak pembunuhan massal dan pengusiran paksa Muslim. Namun, jejak peninggalan peradaban dan budaya Islam seperti arsitektur, makanan, musik, dan bahasa tidak hilang.
Selain itu, Macaes juga menanggapi soal pernyataan kontroversial Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang Islam. “Bukan urusan politisi untuk memutuskan apakah agama berada dalam krisis atau tidak,” ujar dia
Dilansir Daily Sabah, Senin (21/6/2021) tahun lalu, Macron menuduh Muslim Prancis separatisme dan menggambarkan Islam sebagai agama dalam krisis. Dia juga membela soal kartun Nabi Muhammad. Selain itu, Macaes juga menyebut adanya peningkatan Islamofobia di Eropa.
Menurut dia, ini merupakan masalah besar dan memprihatinkan. Sebab, banyak tindakan yang menunjukkan rasisme dan kebencian, misalnya di Austria.
“Di Austria, ada gagasan untuk memiliki undang-undang yang menentang Islam politik dan tidak ada yang tahu apa arti Islam politik dalam praktiknya,” ucap dia.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Jagalah Bangsamu dari Api Neraka

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

AC Milan ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad

AC Milan Ucapkan Selamat Maulid Nabi Muhammad Kepada Fans Beragama Islam

Milan – Klub sepakbola AC Milan memberi ucapan selamat Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. …

Ken Setiawan di UM Metro

Ken Setiawan: Ribuan Kelompok Radikal yang Mengatasnamakan Agama di Lampung Masih Gentayangan

Lampung – Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan mengaku prihatin terhadap fenomena …