Mahfud MD dan Khalid Basalamah
Mahfud MD dan Khalid Basalamah

Ditantang Netizen,Mahfud MD Siap Berdebat dengan Khalid Basalamah Terkait Wayang

Jakarta – Kasus ucapan Khalid Basalamah yang menyebut wayang tidak sesuai Islam sehingga harus dimusnahkan memaasuki babak baru. Meski Khalid Basalah sudah meminta maaf, namun polemik wayang itu masih bergulir.

Terbaru, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku siap berdebat dengan Ustaz Khalid Basalamah. Mahfud membalas tantangan warganet pemilik akun Twitter @rinaldialamsya5 yang bersedia menyediakan medium diskusi terbuka, baik secara langsung maupun daring.

“Prof, mau saran, Anda kan punya ilmu agama yang cukup tinggi. Saya usul bagaimana kalau kita buatkan acara debat atau diskusi terbuka dengan Ustadz Khalid? Secara online dan live? Berani Prof? Sebaiknya Anda setuju biar tidak dinilai hanya berani menyindir orang di belakangnya saja,” kata warganet tersebut.

Mahfud pun mengiyakan tantangan tersebut. Hanya, ia menekankan, jika konsep acara tidak dibuat untuk perdebatan, melainkan tabayun atau silaturahim. Dia juga menekankan jika statusnya bukan sebagai menko polhukam, melainkan seorang dosen.

“Beranilah. Bukan berdebat, tapi tabayun. Kan bagus bisa silaturahim dengan Ustadz Khalid. Saya sebagai dosen saja, bukan menteri. Anda atur saja, misal 30 menit virtual berdua. Kami bicara berdua, yang lain boleh menyaksikan. Rasanya kimia saya sama dengan beliau: siap melakukan halaqah dan tabayun secara Islami,” ujar Mahfud menjawab pertanyaan @rinaldialamsya.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan tentang tausiyah Ustadz Khalid yang menjawab pertanyaan jamaah tentang wayang dan meminta agar dimusnahkan saja. Kemudian, Mahfud beberapa kali membuat status tentang wayang.

“Wayang sarat dengan nilai kemanusiaan dan hukum sebab akibat dari setiap perbuatan manusia. Ada ibrah sosial seperti yang diajarkan oleh agama. Halal,” ujar Mahfud.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Mahfud MD: Wayang Bagian dari Peradaban dan Halal

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Sholahuddin Al Aiyub

Radikalisme dan Liberalisme Distorsi Pemahaman Agama, Islam Wasathiyah Solusinya.

Jakarta – Radikalisme dan liberalism agama telah mendistorsi pemahaman agama. Karena itu, Islam wasathiyah menjadi …

maulid nabi

Khutbah Jumat – Hubbun Nabi

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …