Emha Ainun Nadjib
Emha Ainun Nadjib

Emha Serukan Umat Islam Tak Benci Israel

Jakarta – Banyak negara-negara dunia termasuk Indonesia mengutuk keras tindakan penyerangan Israel terhadap Palestina. Sejak akhir Ramadhan lalu sampai saat ini konflik kedua negara itu belum juga reda.

Di Indonesia sendiri banyak publik figur, pejabat hingga masyarakat biasa memberikan dukungan kepada Palestina. Tak sedikit dari mereka ada yang membenci negara Israel atas perbuatannya itu. Bahkan di twitter beberapa hari yang lalu banyak warganet yang menyebut Israel sebagai negara teroris.

Namun berbeda, dengan Budayawan Emha Ainun Nadjib yang justru menyerukan kepada umat Islam untuk tidak membenci Israel, meski negara tersebut selalu bertingkai dengan Palestina.

Salah satu faktor untuk tidak membenci Israel yakni karena mereka nmayoritas beragama Yahudi. Melalui video lawasnya yang kembali viral, Cak Nun menyampaikan alasan lainnya karena tokoh terbesar umat Yahudi tak lain adalah sosok Nabi Ibrahim.  Menurutnya, jika membenci Yahudi sama artinya dengan membuat umat Islam tidak bisa salat.

“Apa kamu benci Israel? Apa kamu juga benci orang Yahudi? Aku setiap ibadah selalu menyebut nama tokoh Yahudi kok, namanya Nabi Ibrahim. Jadi, kalau kamu benci Yahudi, kamu enggak bisa ibadah (salat), enggak bisa tahiyat,” katanya di dalam akun YouTube Cahaya Maiyah yang berjudul “Cak Nun: Jangan Benci YAHUDI !!!!!! DON’T HATE JEWS”, pada 25 Mei 2016 silam, dikutip dari laman suarasurakarta.id, Selasa (25/5/2021).

Cak Nun mengaku saat sedang salat, ia tidak pernah lupa membaca bacaan tahiyat akhir. Selain Nabi Muhammad, nama Nabi Ibrahim juga berulang kali diucapkan. Dengan demikian, Cak Nun berpesan kepada umat Islam untuk sebaiknya saling menebar rasa cinta dan kasih sayang ketimbang kebencian.

“Jadi, kalian enggak usah benci siapa-siapa, ya. Tidak benci siapa pun, kalau ada yang salah, kita cintai dengan cara menghukum dia,” ajak Cak Nun.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Langgar Dukungan ke Palestina, Aktivis Muslim AS Mundur dari Forum Perdamaian Timur Tengah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …