MUI serahkan bantuan ke Palestina
MUI serahkan bantuan ke Palestina

MUI Serahkan Bantuan Langsung Rp19 Miliar ke Dubes Palestina

Jakarta  – Majelis Ulama Indonesia menyerahkan bantuan langsung ke Palestina berupa dana Rp19 Miliar. Bantuan itu diserahkan kepada Dubes Palestina untuk Indonesia Duta Besar Palestina di Jakarta Zuhair Al Shun di Aula Gedung MUI Pusat, Jakarta pada Senin (24/5/2021).

Bantuan itu akan dialokasikan untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH). Hadir pada penyerahan bantuan itu Wali Kota Hebron Tayser Abu Sneineh.  

Pada 20 Januari 2020 lalu Pengurus MUI Pusat sempat juga berinisiatif memberi bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina berupa sebuah Rumah Sakit. Hari ini telah mendapatkan dukungan dan kerjasama yang sangat baik dari Wali Kota Hebron.

Pimpinan MUI Pusat yang diwakili oleh KH Dr Muhyidin menyebutkan penyerahan bantuan ini juga sempat ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pengurus MUI Pusat dengan Wali Kota Hebron untuk pembangunan RSIH.

“Pengurus MUI Pusat akan menyediakan dan mengupayakan biayanya sebesar Rp100 miliar dari donasi kemanusiaan seluruh masyarakat Indonesia, sementara pihak Wali Kota Hebron akan menyediakan lahannya seluas 4000 m2,” kata dia dalam pesannya yang diterima Senin (24/5/2021).

Pengurus MUI Pusat melalui Panitia Pembangunan RSIH pada Februari – Desember 2020 telah mengadakan kegiatan penggalangan dana dan berhasil terkumpul sebesar Rp2 miliar.

Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Prof Dr Sudarnoto Abdul Hakim menyebutkan pada 17 Mei 2021 panitia telah mencanangkan “Gerakan Aliansi Amal Kemanusiaan Untuk RSIH Palestina”.

“Dalam rangka mengajak dan mendorong seluruh masyarakat Indonesia untuk berdonasi bagi segera terwujudnya RSIH. Sejak dicanangkannya Gerakan tersebut, sampai Ahad 23 Mei 2021 telah berhasil dikumpulkan dana sebesar Rp17 miliar,” ucapnya.

“Keseluruhan dana yang telah berhasil digalang MUI, baik kepengurusan periode terdahulu maupun kepengurusan periode saat ini yang mencapai Rp19 miliar dan dana tersebut pada hariini diserahkan secara simbolik kepada Duta Besar Negara Palestina di Jakarta, Zuhair Al Shun,” lanjut Sudarnoto.

Baca Juga:  MUI Tak Larang Umat Islam Ucapkan Selamat Natal

Menurut dia, pembangunan RSIH ini merupakan salah satu bentuk ungkapan solidaritas dan dukungan MUI bagi perjuangan bangsa Palestina dalam mencapai kemerdekaannya dan dalam menghadapi agresi penjajahan Israel.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH saat RDP dengan Komisi III DPR RI Rabu September

Anggota MIT Tambah Jadi 12 Orang, Kepala BNPT: Ada 17 Desa di Poso Penceramahnya Dukung Ali Kalora

Jakarta – Jumlah anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang semua tinggal 6 orang, …

Komjen Boy Rafli Amar

BNPT Tanggapi Positif Peringatan Jepang Terkait Potensi Aksi Terorisme di Tempat Ibadah

Jakarta – Jepang mengeluarkan peringatan potensi ancaman terorisme di Indonesia dan lima negara ASEAN yaitu …