MUI serahkan bantuan ke Palestina 1
MUI serahkan bantuan ke Palestina 1

UAH Serahkan Dana Kemanusiaan Rp14,3 Miliar dari Rakyat Indonesia untuk Palestina

Jakarta – Ustadz Adi Hidayat (UAH) menyerahkan dana kemanusiaan sebesar Rp14,3 miliar dari rakyat Indonesia untuk Palestina lewat Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Sebelumnya MUI juga telah menyerahkan bantuan sebesar Rp19 miliar. Bantuan ini akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit di Kota Hebron, Palestina.

“Kami terpanggil berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar 1945 untuk sama-sama berkontribusi dalam menolong sesama. Kami menyerahkan satu juta dolar AS untuk membantu Palestinamelalui MUI,” kata Ustadz Adi Hidayat saat menyerahkan bantuan di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Senin (24/5/2021).

UAHmenambahkan, pihaknya membuka penggalangan dana sejak 16 hingga 22 Mei. Selama enam hari itu telah terkumpul dana kemanusiaan sekitar Rp30 miliar dari masyarakat Indonesia. Angka itu akan disalurkan dalam tiga kategori prioritas yakni untuk berbagai kebutuhan mendesak, pembangunan rumah sakit/infrastruktur, dan program pendidikan bagi rakyat Palestina.

Dalam memenuhi kebutuhan mendesak, Adi telah menyalurkan dana umat sebesar Rp10,2 miliar melalui Lembaga Kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) Indonesia yang ada di Gaza.

Adapun peruntukkannya seperti obat-obatan, makanan, ambulan, hingga santunan bagi korban agresi militer Israel. Sementara bantuan pendidikan, Adi akan menggandeng perguruan tinggi di Indonesia agar menampung pelajar Palestina.

“Bangunan runtuh bisa dibangun kembali, rumah-rumah hancur bisa dibangun kembali, tapi mental yang hancur dan pendidikan yang terbelakang tidak mudah untuk bisa membangun kembali. Oleh karena itu kami memiliki program jangka panjang untuk mendukung pendidikan,” katanya.

Berbarengan dengan itu, MUI juga akan menyerahkan bantuan dana tahap satu untuk pembangunan Rumah Sakit Indonesia Hebron (RSIH) sebesar Rp19 miliar kepada Wali Kota Hebron Tayser Abu Sneineh.

Selanjutnya donasi yang dikumpulkan Adi Hidayat bersama dengan donasi yang telah berhasil digalang Panitia Pembangunan RSIH MUI Pusat akan diserahkan secara simbolik kepada Duta Besar Palestina di Jakarta Zuhair Al Shun.

Baca Juga:  Ini Pesan KH Cholil Nafis Terkait Muharram

Pembangunan RSIH Palestina ini telah dicanangkan MUI sejak awal 2020. Bantuan kemanusiaan itu mendapatkan dukungan dari Wali Kota Hebron Tayser Anu Sneineh dan telah dilakukan MoU di Amman Yordania 20 Januari 2020. Dalam MoU tersebut disepakati kerja sama pembangunan RSIH.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …