Bersin
Bersin

Empat Hikmah Mengucap Hamdallah di Kala Bersin

Semua orang pasti pernah bersin. Hal ini terjadi di luar kemauan dan merupakan proses alami. Secara medis pun diungkapkan bahwa bersin merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan virus atau bakteri berbahaya yang bisa memicu sakit.

Islam sebagai ajaran yang sempurna selalu mengajarkan kepada pemeluknya tentang berbagai aturan dalam kehidupan ini termasuk salah satunya tentang adab bagaimana ketika bersin. Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, alhamdulillahsedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan, yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata yarhamukallahmaka hendaknya dia berkata, yahdikumullah wa yushlih baalakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu)(HR. Bukhari Muslim).

Adapun mengenai hikmah dikhususkannya orang yang bersin agar mengucapkan Hamdalah, Al ‘Allamah Al Khulaimi bertutur :

  1. Mengucap Hamdalah Jauh Lebih Baik untuk Dibiasakan Sehingga Terbiasa Mensyukuri Nikmat Allah dan Terbiasa Menyebut Asma Allah.

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ ﴿إبراهيم : ۷﴾

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7)

  1. Mengucap Hamdallah Ketika Bersin Menolak Gangguan dari Otak.

Di dalam otak tersimpan kekuatan berpikir. Selain itu, otak juga merupakan pusat susunan syaraf dan sumber perasaan. Sehingga jika otak selamat, maka selamatlah seluruh anggota badan.

Dengan demikian tampaklah bahwa bersin merupakan nikmat yang besar, karena tepatlah bila ia disambut dengan ucapan Alhamdulillah. Ucapan ini mengandung makna pengakuan bahwa Allah Maha Pencipta dan Maha kuasa dan ini berarti menyandarkan penciptaan kepada Allah dan bukan kepada alam.

  1. Untuk Mempererat Hubungan Seorang Muslim Dengan Saudara-Saudaranya Sesama Muslim.
Baca Juga:  Tidak Sekedar Berdoa, Bekerja juga Ibadah

Islam adalah agama yang selalu menyerukan tentang perdamaian, cinta dan kasih sayang terhadap sesama. Dengan adab ini Islam hendak membatalkan kepercayaan jahiliah yang tidak bersandar pada dalil aqli (pertimbangan akal sehat) maupun dalil naqli. Berbagai kepercayaan dan adat kebiasaan buruk serta merusak fitrah seperti ini merusak kehidupan.

  1. Menambah Keberkahan

Jika ada seeorang yang bersin namun tidak mengucap hamdalah memang bukanlah suatu perbuatan dosa, namun keberkahan dari bersin tersebut menjadi berkurang dan menjadi cermin bahwa orang tersebut lupa akan kenikmatan Allah.

Bagikan Artikel

About Ahmad Cahyo

Avatar
Mahasiswa Program S2 PTIQ Jakarta