Farid Okbah
Farid Okbah

Farid Okbah Dkk Ditetapkan Sebagai Tersangka Dugaan Tindak Pidana Terorisme

Jakarta – Tiga orang ulama yaitu Anggota Komisi Fatwa MUI Ahmad Zain An-Najah, Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Farid Okbah, dan Anung Al-Hamad ditangkap Densus 88 Antiteror Mabes Polri, Selasa (16/11/2021). Ketiga orang itu pun sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana terorisme.

“Sudah bukan terduga terorisme. Kenapa tersangka, penyidik Densus 88 Antiteror sudah memiliki bukti-bukti yang cukup untuk menetapkan ketiganya sebagai tersangka,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Ramadhan mengatakan bukti-bukti itu didapat dari hasil pemeriksaan beberapa tersangka teroris yang ditangkap lebih dahulu. Densus dipastikan tidak asal dalam penangkapan ini.

“Kita sudah kumpulkan bukti yang cukup, kita yakin, kemudian kita lakukan tindakan, upaya hukum, yaitu penangkapan,” ujar Ramadhan.

Menurut Ramadhan, bukti terlibat teroris terlihat dari peran masing-masing dalam kelompok JI. Ketiga tersangka ialah Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Ahmad Farid Okbah, anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain An-Najah, dan ustaz Anung Al Hamat.

Ramadhan menyebut Farid dan Zain berperan sebagai Dewan Syuro dan sepuh JI. Zain juga Ketua Dewan Syariah LAZ BM Abdurrahman Bin Auf (ABA) yang dikelola JI.

“Di mana BM ABA ini mengumpulkan dana, menggalang dana, dana yang terkumpul sebagian digunakan untuk mendukung aksi-aksi terorisme,” ungkap Ramadhan.

Sedangkan, Anung anggota pengawas Perisai Nusantara Esa Tahun 2017. Ustadz Anung juga merupakan pengurus atas atau pengawas kelompok JI. Ketiganya ditangkap di Kecamatan Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa dini hari, 16 November 2021. Ketiga ustadz masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Densus.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dr Moch Syarif Hidayatullah

Klaim Bencana Akibat Tak Terapkan Khilafah Itu Ngawur dan Cocokologi

Jakarta – Musibah seperti bencana alam merupakan bagian dari takdir Allah SWT. Artinya terkait dengan …

Kepala BNPT di Ponpes Al Ishlah Subang

Jihad Sering Disalahartikan Kelompok Radikal Terorisme Untuk Pecah Belah Persatuan Bangsa

Subang – Jihad sering disalahartikan oleh kelompok radikal terorisme yang sengaja ingin memecah belah persatuan …