boikot produk israel  140813134128 244
boikot produk israel 140813134128 244

Gerakan Konsumen Global Ajak Masyarakat Boikot Delapan Produk Israel

JAKARTA – Beberapa produk diketahui bersentuhan langsung dengan pihak Israel baik memberikan dukungan terhadap agresi Israel maupun yang memberikan bantuan atas aksi-aksinya terhadap Palestina.

Konsume global melihat perlunya tindakan nyata dengan memboikot secara langsung beberapa produk yang mendukung Israel. Hal ini mendorong perusahaan ritel berhenti menjual produk dari perusahaan yang mengambil untung dari aksi Israel di Palestina.

Mengutip laman gerakan internasional pendukung Palestina untuk kebebasan, keadilan, dan kesetaraan, Boycott, Divestment, and Sanctions Movement (BDS) dan republika.co.id Selasa (25/5), aksi boikot ini disebut membuat eksportir mengeluh karena sulit menjual produknya ke negara lain.

Seruan boikot ini dilakukan oleh Komite Nasional Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BNC). Mereka menyerukan boikot untuk sejumlah perusahaan dan produk yang berdampak maksimal. 

Artinya, boikot difokuskan pada perusahaan yang memainkan peran yang jelas dan langsung dalam aksi Israel. Namun, belum ada tanggapan atau pernyataan dari produk-produk tersebut terkait aksi pemboikotan ini.

Berikut produk dan merek yang masuk dalam daftar boikot, antara lain: 

  1. AXA. AXA berinvestasi di bank Israel dan membiayai pencurian tanah hingga sumber daya di Palestina. Karena itu, BNC menyerukan untuk tidak membeli polis asuransi AXA.

2. Hewlett Packard (HP). HP disebut-sebut membantu menjalankan ID biometrik yang digunakan Israel untuk membatasi pergerakan Palestina.

3. Puma. Puma mensponsori asosiasi sepak bola di Israel. Hal ini mencakup tim-tim di permukiman ilegal Israel di tanah Palestina.

4. Soda Stream. Soda Stream terlibat dalam kebijakan Israel menggusur penduduk asli Bedouin-Palestina di Israel di Naqab (Negev). Perusahaan itu memiliki sejarah panjang dan penganiayaan dan diskriminasi terhadap pekerja Palestina.

5. Ahava. Kosmetik Ahava memiliki tempat produksi, pusat pengunjung, dan toko utama di permukiman ilegal Israel.

Baca Juga:  Radikalisme Atasnamakan Islam = Memfitnah Ajaran Islam Rahmatan lil Alamin

6. Sabra. Sabra hummus merupakan perusahaan patungan antara PepsiCo dan Strauss Group, perusahaan makanan Israel yang memberikan dukungan finansial kepada tentara Israel.

7. Pillsbury. Produk Pillsbury dibuat di atas tanah Palestina yang dicuri di permukiman ilegal Israel.

8. Buah dan sayur dari Israel

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …