masjid at taqwa kota cirebon
masjid at taqwa kota cirebon

Hindari Covid- 19, Warga Cirebon Diimbau Sholat Idul Adha dan Takbiran di Rumah

CIREBON — Pandemi virus Covid- 19 hingga hari ini belum dapat diatasi atau setidaknya belum menunjukkan angka penurunan, Pemerintah masih terus berusaha melakuka berbagai langkah untuk memastikan angka penularan dapat segera menurun dan virusnya dapat diatasi.

Seiring dengan meningkatnya angka penularan Covid- 19. Idul adha tinggal beberapa hari lagi, maka pemerintah Kota Cirebon meminta agar umat Islam melaksanakan ibadah sholat Idul Adha di rumah. Hal demikian disampaikan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Moh Ahsan.

Dia mengajak umat Islam di Kota Cirebon untuk melaksanakan sholat Idul Adha di rumah masing-masing bersama keluarga inti, sebagaimana imbauan pemerintah. ‘’Selain sholat Idul Adha, takbiran pada malam lebaran pun di rumah saja bersama keluarga inti,’’ kata Ahsan, akhir pekan kemarin. Seperti dikutip dari laman republika.co.id Minggu (18/7/21).

Ahsan menjelaskan, pelaksanaan sholat Idul Adha di rumah itu sesuai dengan SE Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.‘’Di Kota Cirebon kemudian ditindaklanjuti oleh SE Wali Kota. Kemenag pun telah menyebarkan SE tersebut kepada seluruh penyuluh agama yang berada dibawah Kemenag. Kita harap aturan ini bisa dilaksanakan dengan baik,’’ terang Ahsan.

Ahsan mengatakan, peniadaan sementara peribadatan itu tak hanya berlaku bagi umat Islam yang akan menjalani Idul Adha. Namun juga bagi warga non muslim. Hal senada diungkapkan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Cirebon, yang juga mengimbau masyarakat Kota Cirebon untuk melaksanakan sholat Idul Adha di rumah masing-masing.‘’Masyarakat diimbau untuk menjalankan ibadah di rumah untuk menghindari penularan Covid-19,’’ tukas Sekretaris PD DMI Kota Cirebon, Didi Sunardi.

Baca Juga:  Refleksi Idul Adha 1442 H : Tidak Ada Korban Manusia untuk Kepentingan Agama

Didi berharap, masyarakat bisa menaati aturan tersebut. Hal itu demi kebaikan bersama untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.‘’Kami minta seluruh pengurus masjid menaati karena ini salah satu upaya pemerintah demi menyelamatkan masyarakat dari wabah Covid-19,’’ kata Didi. 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

UIN Suka Akan Berikan Gelar HC Kepada Imam Besar Al Azhar dan Paus Franciskus

Jakarta –  Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta akan memberikan gelar Honoris Causa …

ibadah umrah di masa pandemi

Persiapkan Haji dan Umrah Sejak Dini, Kemenag Susun Skema Vaksin & Booster Untuk Calon Jemaah Umrah

Jakarta – Pelaksanaan ibadah haji telah dua kali ditunda akibat adanya pandemi Covid- 19. Terakhir …