kitab ilmu pengetahuan
kitab ilmu pengetahuan

Hukum Membakar Kitab Ilmu Pengetahuan

Lagi-lagi Islam dihebohkan dengan konten video yang memberikan kerugian dalam Islam sendiri. Sebelumnya sempat ramai tentang video beberapa mahasiswa joget-joget di dalam masjid, sekarang ramai tentang perbincangan pembakaran kitab Tafsir Ibn Katsir dan Risalah Al Qusyairiyah yang dilakukan oleh oknum tertentu yang merasa sangat paham dalam agama Islam. Dalam video tersebut, oknum tidak segan-segan mencela kedua kitab rujukan mayoritas umat Islam, bahkan mengatakannya sebagai kitab Iblis.

Memang membakar kitab ilmu pengetahuan, pada masa sahabat Nabi saw sudah pernah terjadi. Sebagaimana diriwayatkan oleh imam Bukhari ketika menceritakan tentang penyalinan Mushaf pada masa Khalifah Utsman bin Affan ra, lalu ia menyuruh membakar mushaf-mushaf lain yang tidak sama dengan salinan tersebut. (Shahih Bukhari)

Kisah yang masyhur ini kemudian oleh para ulama dijadikan dasar tentang kebolehan membakar kitab-kitab pelajaran agama seperti Fiqh dan tafsir. Ibn Batthal berkata:

وَفِى أَمْرِ عُثْمَانَ بِتَحْرِيْقِ الصُّحُفِ وَالْمَصَاحِفِ حِيْنَ جُمِعَ الْقُرْآنُ جَوَازُ تَحْرِيْقِ الْكُتُبِ اَلَّتِيْ فِيْهَا أَسْمَاءُ اللهِ تَعَالَى وَأَنَّ ذَلِكَ إِكْرَامٌ لَهَا ، وَصِيَانَةٌ مِنَ الْوَطْءِ بِالْأَقْدَامِ وَطَرْحِهَا فِى ضَيَاعٍ مِنَ الْأَرْضِ

Artinya: “Perintah Utsman dalam membakar lembaran-lembaran dan mushaf-mushaf saat pengumpulan al Qur’an adalah kebolehan membakar kitab-kitab yang di dalamnya terdapat nama-nama Allah swt, hal itu karena untuk memulyakannya, dan menjaga agar tidak terinjak-injak oleh kaki dan berhamburan di tanah”. (Syarh Shahih Bukhari, Ibn Batthal)

Apakah kebolehan membakar ini bersifat mutlak ?

Tentu tidak. Jika kita amati hadits tersebut, pembakaran Mushaf atau kitab-kitab ilmu agama itu manakala takut terhina seperti berserakan di tanah atau akan terinjak-injak oleh kaki. Namun jika membakarnya justru dalam rangka menghina, tentu berbeda hukumnya, bukan lagi boleh, malah berubah kepada haram.

Baca Juga:  Amalan Nisfu Sya’ban (Bagian I) : Puasa Nisfu Sya’ban Sunnah atau Bid’ah?

Syeikh Nawawi Al Jawi berkata dengan tegas:

وَيَحْرُمُ تَوَسُّدُهُ بَلْ تَوَسُّدُ آحَادِ كُتُبِ الْعِلْمِ حَرَامٌ

Artinya: “Haram menjadikan bantal terhadap mushaf, bahkan menjadikan kitab-kitab ilmu pengetahuan sebagai bantal juga haram” (Kasyifatus Saja)

Mengapa haram ? Tidak lain karena menjaga kemulyaan kitab-kitab ilmu pengetahuan hukumnya wajib. Imam Nawawi berkata:

أَجْمَعَ اْلمُسْلِمُوْنَ عَلَى وُجُوْبِ صِيَانَةِ الْمُصْحَفِ وَاحْتِرَامِهِ قَالَ أَصْحَابُنَا وَغَيْرُهُمْ وَلَوْ أَلْقَاهُ مُسْلِمٌ فِي الْقَاذُوْرَةِ وَالْعِيَاذُ بِاللهِ تَعَالَى صَارَ الْمُلِقِي كَافِرًا

Artinya: “Umat Islam sepakat atas kewajiban menjaga mushaf dan memulyakannya. Ashabus Syafi’i dan ulama lainnya berkata: Seandainya ada orang yang melempar mushaf ke tempat yang kotor, Na’udzubillah, maka orang yang melemparnya tersebut menjadi kafir” (Al Itqan Fi Adabi Hamlatil Qur’an)

Hukum yang berlaku pada mushaf berupa kewajiban memulyakannya dan menjaganya dari kerendahan itu juga berlaku kepada kitab-kitab ilmu pengetahuan. Syeikh Al Jamal berkata:

يَجْرِي فِي كُتُبِ الْعِلْمِ الشَّرْعِيِّ وَآلَتِهِ مَا فِي الْمُصْحَفِ غَيْرَ تَحْرِيمِ الْمَسِّ وَالْحَمْلِ

Artinya: “Berlaku pada kitab-kitab ilmu pengetahuan dan alat-alatnya apa yang berlaku pada mushaf, hanya saja tidak haram menyentuh dan membawanya (bagi yang berhadats)” (Hasyiyah al Jamal)

Jika menjadikan bantal atau melempar kepada tempat kotor saja hukumnya haram bahkan bisa kafir, lalu bagaimana membakarnya dengan sengaja menghinakannya ?

Kesimpulannya, membakar kitab-kitab ilmu pengetahuan lebih-lebih di dalamnya terdapat nama-nama Allah swt, maka hukum paling ringannya adalah haram, jika tidak maka bisa-bisa kafir.

Wallahu a’lam

Bagikan Artikel ini:

About Ernita Witaloka

Mahasantri Ma’had Aly Nurul Qarnain Sukowono Jember Takhassus Fiqh Siyasah

Check Also

shalat rebo wekasan

Dalil Shalat Rebo Wekasan, Apakah Ada ?

Sebagian ahlul kassyaf menjelaskan bahwa pada rabu terakhir dari bulan Safar, Allah Swt. akan menurunkan …

menari di dalam masjid

Hukum Menari di dalam Masjid

Beberapa minggu yang lalu sempat viral tentang video mahasiswa dari perguruan tinggi tertentu menari-nari di …